Beberapa Upaya Meredakan Gejala – Gejala pada Penyakit Asam Lambung

Pengobatan Penyakit Asam Lambung

Penyakit Asam Lambung kerap dialami oleh masyarakat terutama bagi para wanita (gadis maupun ibu-ibu), Ketika asam lambung naik ke esofagus maka dampak yang dirasakan yaitu rasa sakit atau rasa nyeri pada ulu hati dan dada terasa panas seperti terbakar. 

Apa itu Esofagus? yaitu sebuah saluran pencernaan yang menghubungkan antara mulut ke lambung atau yang sering kita kenal dengan nama “kerongkongan”. Banyak faktor yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung, apalagi disaat sedang berpuasa.

Ada banyak cara mengobati penyakit asam lambung, bisa dilakukan sendiri, bisa juga minum obat-obat khusus yang mengobati asam lambung, atau bisa juga melalui jalur operasi ketika penyakit asam lambung telah parah sebagai langkah terakhir.

Ada beberapa hal yang mungkin bisa anda lakukan untuk meredakan gejala – gejala pada penyakit asam lambung, tidak ada salah nya mencobanya guna kebaikan anda sendiri. Jika anda menderita asam lambung maka sebaiknya melakukan hal berikut :

– Biasanya Asam Lambung ada kaitannya dengan penyakit Maag, maka bagi penderita Asam Lambung dan Maag supaya dapat mengontrol pola makan, pola makan yang baik yaitu makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyak, prakteknya yaitu Makan dalam porsi kecil tapi lebih sering.

– Penderita Asam Lambung di sarankan untuk tidak mengkonsumsi cokelat, tomat, makanan berlemak, dan pedas, minum kopi apalagi alkhohol. Karena kesemua itu memicu asam lambung menjadi naik, ketika asam lambung naik maka anda akan merasakan sakit yang tak tertolong yaitu nyeri pada ulu hati.

– Setelah makan maka sebaiknya duduk santai terlebih dahulu, jangan langsung digunakan untuk berbaring setelah makan. Ketika sudah digunakan untuk istirahat untuk menenangkan pencernaan maka barulah anda boleh berbaring atau tidur, saat tidur anda dapat menggunakan bantal yang agak tinggi.

– Penderita asam lambung juga di sarankan untuk menghindari memakai pakaian yang terlalu ketat, karena ini juga dapat memicu naiknya asam lambung ke tenggorakan karena bagian – bagian tertentu menjadi tertekan jika menggunakan pakain ketat.

– Kebiasaan yang tidak bisa dihentikan, khususnya bagi pria yaitu aktifitas merokok, Jika anda menderita penyakit asam lambung maka sebaiknya anda Berhenti merokok.

Baca Juga :

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply