Gejala – Gejala yang dapat dirasakan ketika terkena sakit Batu Ginjal

Gejala Batu Ginjal

Banyak sekali jenis penyakit yang menyerang tubuh manusia, mungkin karena faktor pola hidup yang kurang sehat. Salah satu gangguan kesehatan yang sering dijumpai adalah batu ginjal. Batu ginjal muncul karena terjadinya endapan kristal yang dijumpai pada saluran kemih, endapan tersebut berupa kalsium maupun asam urat.

Menurut salah satu Dokter spesiais urologi dari RS. Siloam Kebun Juruk, Charles Martamba Hutasoit mengungkapkan bahwa, sekitar 75% kasus urologi terjadi pada saluran kemih, yaitu terjadi gangguan kesehatan yang menyebabkan munculnya batu ginjal. Ada beberapa gejala yang dapat dirasakan ketika seseorang terkena batu ginjal.

Ketika seseorang terkena batu ginjal, biasanya akan merasakan nyeri pinggang menetap yang tak kunjung sembuh. Sehingga akan mengalami kesulitan untuk mencari posisi duduk yang nyaman. Selain itu juga terjadi kolik atau rasa nyeri di sekitar perut..

“Kolik terjadi karena batu menyumbat aliran air kencing di saluran kemih,” kata Charles seperti yang dilansir pada halaman Health Kompas. Beliau mengatakan ini dalam diskusi media di RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, Rabu (20/7/2016).

Nyeri yang dirasakan semakin lama bukannya semakin hilang, justru akan terasa makin sakit, bahkan bisa menjalar ke pada bagian perut depan, lipat paha, hingga bagian genital. Gejala lain yang akan dirasakan ketika terkena batu ginjal yaitu terasa nyeri pada saat buang air kecil, bahkan bisa menimbulkan kencing berdaran.

Ketika anda merasakan gejala – gelaja yang telah disebutkan diatas maka sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis, agar segara mendapatkan penanganan lebih dini sebelum menimbulkan dampak yang lebih serius. Anda juga dapat berobat menggunakan layanan BPJS Kesehatan untuk mendapatkan pengobatan dan konsultasi gratis.

Untuk pengobatan batu ginjal, salah satu metode pengobatan yang bisa dilakukan tanpa operasi yaitu Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL). ESWL menggunakan gelombang suara kejut untuk menghancurkan batu ginjal.

Sumber : Health Kompas.com

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply