BPJS Kesehatan Klaim Layani Semua Jenis Penyakit

Diterbitkan oleh Republika.co.id pada Jumat, 15 April 2016  – BPJS Kesehatan Cabang Padang, Sumbar memberikan pertanyaan bahwa BPJS tidak akan membeda-bedakan pelayanan pembiayaan pengobatan kepada pasien peserta, baik itu untuk pasien penyakit ringan maupun berat (kronis).

Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Padang, Saiban Sidauruk mengatakan : “Tidak ada pengecualian apapun terhadap pelayanan pembiayaan suatu penyakit dan semuanya dijamin sama,”

Ketentuan tersebut termasuk untuk penyakit – penyakit yang dapat menyebabkan kematian, setiap peserta BPJS (WNI) yang menderita suatu penyakit berhak untuk sembuh dan mempunyai kesempatan yang sama, maka penyakit yang menjadi penyebab utama kematian akan dijamin pelayanan pembiayaan nya.

BPJS Klaim akan layani Semua Jenis Penyakit

BPJS Klaim akan layani Semua Jenis Penyakit

Tentunya dengan catatan, pasien harus mengikuti setiap proses dan prosedur yang ada. Maka dibutuhkan kerjasama antara BPJS Kesehatan dan Masyarakat untuk memenuhi hak dan kewajibannya khususnya untuk membayar premi tepat waktu paling lambat tanggal 10 setiap bulannya.

Dalam hal itu, BPJS Kesehatan bekerja sama dengan Dinkes dan puskesmas setempat sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan melalui sistem kapitasi BPJS berbasis kinerja.

Peserta BPJS Kesehatan yang telah membayar iuran akan mendapatkan pesan melalui SMS yang berisi “Pesan Pengingat” dan terhitung 1 Juni 2016 pihaknya akan memberlakukan penghentian layanan secara otomatis pada peserta yang terlambat membayar iuran satu bulan.

Jika peserta terlambat membayar kemudian menggunakan layanan maka selain harus melunasi tunggakan, mereka juga akan dikenakan denda sebesar 2,5 persen dari total biaya rawat inap. Baca Juga : Perubahan Peraturan Denda BPJS Kesehatan

Sebagai peserta BPJS Kesehatan dan untuk menikmati pelayanannya memang tidak mudah, namun yang harus dilakukan hanyalah melewati setiap proses atau prosedur. “Yang penting ikuti proses maka akan mendapatkan bantuan jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan. Jika tidak, tentu BPJS tidak akan berlaku”.

Sumber Berita Aslinya : http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/hukum/16/04/15/o5nymj219-bpjs-kesehatan-klaim-layani-semua-semua-penyakit

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Comments are closed.