Definisi Darurat Medis dalam BPJS Kesehatan

Berdasarkan Landasan Hukum yang tertulis dalam : Peraturan Presiden nomor 12 tahun 2013 Pasal 25 poin b, pasal 33, dan pasal 40 , Permenkes Nomor 71 tahun 2013 pasal 29 dan Surat Edaran Nomor HK/MENKES/31/I/2014 tentang Pelaksanaan Standar Tarif Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama dan Fasilitas kesehatan Tingkat Lanjutan Dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan.

Pelayanan Kesehatan Darurat Medis adalah pelayanan kesehatan yang harus diberikan secepatnya untuk mencegah kematian, keparahan, dan/atau kecacatan sesuai dengan kemampuan Fasilitas kesehatan. Penjaminan pelayanan di Fasilitas kesehatan yang tidak bekerjasama dengan BPJS Kesehatan di Fasilitas kesehatan tingkat pertama maupun Fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan dilakukan hanya untuk pasien yang dalam keadaan gawat darurat.

Pelayanan gawat darurat yang dapat dijamin adalah sesuai dengan kriteria gawat darurat yang berlaku dalam BPJS Kesehatan. Cakupan pelayanan gawat darurat diberikan sesuai dengan kewenangan dan kompetensi Faskes sesuai tingkatannya. Yaitu :

  • administrasi pelayanan;
  • pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis
  • tindakan medis baik non operatif maupun operatif
  • pelayanan obat dan bahan medis habis pakai
  • pelayanan alat kesehatan
  • pelayanan penunjang diagnostik sesuai dengan indikasi medis
  • pelayanan darah
  • akomodasi sesuai indikasi medis jika diperlukan
  • pelayanan ambulan antar Faskes untuk rujukan pasien dengan kondisi yang telah teratasi kegawatdauratannya dan dapat dipindahkan ke Faskes yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Selanjutnya : Prosedur Pelayanan Kesehatan Gawat Darurat BPJS Kesehatan

 

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Anak saya menderita demam panas yang tinggi & sudah 2x di bawa ke puskesmas namun panasnya masih belum turun turun juga. Suatu malam ketika saya check panas anak saya dengan thermometer suhu menunjukan 39 derajat. Lalu saya bawa anak saya ke rumah sakit terdekat yaitu RS. Bunda Aliyah Jl. Pahlawan Revolusi. Alangkah kagetnya saya ketika dokter yang jaga di IGD situ mengatakan RS tersebut tidak melayani pasien yang masuk IGD jika suhunya < 40 derajat. Akhirnya saya kembali pulang ke rumah & berdoa semoga suhu badan anak saya tidak bertambah lagi.

    Pertanyaan saya adalah:
    Apakah betul kalo suhu anak < 40 derajat celcius yang datang ke IGD tidak di cover oleh BPJS?

    Terima kasih

Leave a Reply