5 Tips untuk Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia

Sulit Tidur

Setelah beraktivitas sehari – hari, tubuh kita ini perlu diistirahatkan, tidur yang normal adalah 8 jam dalam sehari semalam. Apakah anda mengalami gangguan insomnia sehingga mengganggu waktu tidur anda? 

Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami insomnia atau sulit tidur, seperti stres, ruangan yang tidak nyaman, sakit dan lain sebagainya. Ketika ini terus terjadi maka kekebalan fisik akan menurun dan bisa berujung sakit.

Jika memang anda mengalami insomnia atau gangguan sulit tidur maka bisa mengikuti tis dari kami, karena memang insomnia dapat diatasi dengan beberapa cara. Semoga saja ini menjadi solusi terbaik yang dapat membuat anda bisa tidur dengan nyenyak.

1. Berendam air hangat

Sepertinya sirkulasi darah pada tubuh anda mengalami gangguan sehingga kebutuhan oksigen kurang terpenuhi, ini juga dapat menyebabkan seseorang sulit tidur (insomnia) maka dari itu anda perlu melakukan sesuatu yaitu mandi dengan air hangat ketika ingin tidur.

Lakukan 90 menit sebelum pergi tidur, agar suhu pada tubuh terelaksasi dan lebih nyaman sehingga anda dapat tidur dengan nyenyang. Anda dapat berendam dengan air hangat dengan suhu32-37 derajat Celsius selama 10-20 menit.

Badan yang terasa pegal , peredaraan darah yang kurang normal, otot yang kaku akan meregang dengan suhu yang ditimbulkan dari air hangat. Berendam dengan air hanya terbukti dapat menjadikan kualitas tidur anda lebih baik.

2. Mendengarkan Instrument Musik

Selain mandi air hangat anda juga perlu merelaksasikan otak dengan mendengarkan musi, bisa musik-musik instrument klasik seperti yang ada di toko buka, karena musik seperti ini dapat membuka otak bawah sadar lebih tenang dan dapat mengirimkan transmisi ke otak yang dapat membuat Anda tertidur.

Persiapkan daftar lagu pengantar tidur favorit Anda sebelum tidur, dengarkan menggunakan sound dengan suara lirih (tidak terlalu besar), dan tidak menggunakan hedset. Nikmati dan Biarkan diri Anda hanyut dalam musik tersebut dan Anda akan segera terlelap ke dalam mimpi.

3. Mengkonsumsi makanan bernutrisi

Hindari mengkonsumsi pil penenang yang bisa membuat tidur, justru tidur anda merupakan tidur yang dipaksa. Untuk mengatasi gangguan insomnia anda dapat mengkonsumsi makanan bernutrisi seperti buah-buahan sebelum tidur sehingga dapat membuat Anda dapat bangun dengan ceria di pagi hari.

Salah satunya buah pisang karena kandungan pada pisang juga dapat mengobati insomnia. Kandungan yang paling dominan yaitu vitamin B6 yang tinggi, pisang dapat menjaga jam tidur Anda dengan baik karena dapat menghasilkan hormon serotonin yang membuat tubuh menjadi rileks.

4. Membersihkan dan Merapihkan kamar

Tapi memang tidak semua orang suka dengan kamar yang rapih, seperti hal nya orang-orang yang memiliki hobi dalam dunia design dan seni, justru mereka suka dengan ruang yang berantakan. Tapi jika memang anda sulit tidur karena kamar yang berantakan maka segera bersihkan dan rapihkan kamar anda.

Karena memang bagi sebagian orang akan merasa nyaman ketika ruangan dalam keadaan rapih dan bersih. Salah satunya dengan mengganti selimut, sarung bantal dan sprey kasur. Buatlah kamar anda senyaman mungkin sesuai dengan selera hati, beri aroma terapi yang dapat membuat anda rileks berada didalam kamar.

5. Rutin berolahraga

Nah ini yang paling penting, gangguan insomnia timbul karena anda kurang berolah raga, kami sarankan anda melakukan olahraga yang rutin setiap pagi paling tidak selama 30 menit untuk menggerak-gerakan tubuh (pemanasan). Dengan berolahraga, Anda dapat melepaskan hormon endorphin, jenis hormon yang dapat membuat Anda sulit untuk tidur.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply