Cara Hitung Kalori yang dibutuhkan Tubuh Setiap Hari

Cara Hitung Kalori Harian

Untuk menjaga kesehatan dan berat badan selalu stabil dan ideal maka anda harus mengatur pola makan dan anda juga harus mengetahui berapa kalori normal yang dibutuhan tubuh setiap harinya.

Dengan kalori yang cukup, anda tidak akan mengalami pusing, lemas, dll. Anda perlu menghitung kebutuhan kalori dengan benar.

Kalori adalah sebuah satuan tenaga yang dibakar oleh tubuh ketika melakukan aktifitas, kebutuhan kalori masing – masing orang berbeda bergantung pada aktivitas fisik atau rutinitas sehari – hari nya.

Jenis kelamin dan umur juga dapat mempengaruhi jumlah kalori yang dibutuhkan seseorang.

Ketika anda mengkonsumsi makanan dengan jumlah kalori yang lebih banyak daripada kalori yang diperlukan tubuh, maka dampak yang ditimbulkan adalah berat badan anda akan naik, jika tak terus dilakukan maka anda akan mengalami Obesitas.

Contoh, lemak mengandung 9 kalori per gram, dibandingkan dengan 4 kalori dalam satu gram protein atau satu gram karbohidrat.

 

Hitung Kebutuhan Kalori

Perhitungan pertama yang dilakukan adalah menghitung angka metabolisme basal (AMB). Rumusnya adalah:

AMB = 0,9 kkal x berat badan (dalam kg) x 24 jam

Untuk menghitung kebutuhan energi harian, maka angka AMB yang didapat kemudian dikalikan dengan variabel dari aktivitas fisik yang Anda lakukan. Aktivitas dan variabel yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Ringan = 1,55
  • Sedang = 1,70
  • Berat = 2,00

Kurangi kebutuhan kalori kurang lebih 500 kkal agar berat badan turun sekitar 0,5 kg setiap minggunya.

Contoh Menghitung Kalori

Sebagai karyawan dengan aktivitas ringan (yang sebagian besar waktunya dihabiskan dengan duduk di depan komputer), berat badan A adalah 60 kg. Berapa kebutuhan energi harian dari A?

  • AMB = 0,9 kkal x 60 kg x 24 jam = 1296
  • Kebutuhan energi harian (kategori ringan) = 1,55 x 1296 = 2008,8 kkal

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Comments are closed.