Gaji Pegawai BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Pegawai BPJS Kesehatan melayani Peserta

BPJS merupakan lembaga yang dibentuk Pemerintah untuk menjalankan program JKN, dan merupakan lembaga yang berbadan hukum nirbala yang menggantikan beberapa lembaga asuransi yang pernah ada sebelumnya yaitu BPJS Kesehatan menggantikan Askes dan BPJS Ketenagakerjaan menggantikan Jamsostek. BPJS berkantor pusat dijakarta , Lembaga ini bertanggung jawab terhadap Presiden. 

Sesuai dengan pasal 14 UU BPJS , menyatakan baha setiap warga negara Indonesia dan WNA yang telah ditinggal di Indonesia minimal 6 bulan maka wajib menjadi peserta atau anggota BPJS Kesehatan. Pendaftaran peserta terdiri dari beberapa jenis yaitu PPU , PBPU (Mandiri), dan PBI. dan Perusahaan juga wajib mendaftarkan Pegawai atau Karyawannya untuk menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Setiap peserta akan dikenakan biaya iuran per bulan sesuai dengan kelas yang di pilih. Untuk kelas 1 peserta harus membayar iuran wajib Rp 80 ribu, Untuk kelas 2 peserta wajib membayar iuran Rp 51.000 dan Untuk kelas 3 wajib membayar iuran Rp 25.500 , kecuali bagi peserta PBI biaya iurannya di tanggung Dinsos.

Diharapkan pada tahun 2019 seluruh Warga Negara Indonesia sudah menjadi peserta BPJS kesehatan untuk mendapatkan jaminan kesehatan dari Pemerintah. BPJS Kesehatan akan berupaya menanggung segala jenis penyakit dan BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan layanan seperti JHT, JP, JKM dll.

Dengan berkembangnya BPJS di Indonesia maka akan menyerap tenaga kerja untuk membantu pelaksanaan program BPJS tersebut, dengan membuka lowongan pekerjaan dengan tawaran gaji yang cukup sesuai dengan jenis pekerjaannya atau posisi jabatan.

Posisi/Jabatan Gaji Per Bulan  Range Gaji Per Bulan
Claim Analyst Staff di BPJS Kesehatan Rp. 2,5 Jt/Bln Rp. 2,0 Jt – Rp. 3,0 Jt
Finance di BPJS Kesehatan Rp. 8,0 Jt/Bln Rp. 7,0 Jt – Rp. 9,0 Jt
IT Staff di BPJS Kesehatan Rp. 2,5 Jt/Bln Rp. 2,0 Jt – Rp. 3,0 Jt
Keuangan di BPJS Ketenagakerjaan Rp. 10,0 Jt/Bln Rp. 9,0 Jt – Rp. 11,0 Jt
Manager di BPJS Ketenagakerjaan Rp. 16,5 Jt/Bln Rp. 15,0 Jt – Rp. 18,0 Jt
Relationship Officer di BPJS Ketenagakerjaan Rp. 10,0 Jt/Bln Rp. 9,0 Jt – Rp. 11,0 Jt
Senior Manager di BPJS Ketenagakerjaan Rp. 28,5 Jt/Bln Rp. 27,0 Jt – Rp. 30,0 Jt
Staf Keuangan di BPJS Kesehatan Rp. 4,0 Jt/Bln Rp. 3,0 Jt – Rp. 5,0 Jt
Staff di BPJS Kesehatan Rp. 6,3 Jt/Bln Rp. 6,0 Jt – Rp. 6,5 Jt
Staff Marketing di BPJS Ketenagakerjaan Rp. 8,0 Jt/Bln Rp. 7,0 Jt – Rp. 9,0 Jt

Informasi Gaji di Kutip dari Qerja.com

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply