Telat Bayar Iuran BPJS 1 Bulan Maka Layanan Akan di Hentikan Sementara

Peserta telat bayar 1 bulan

Setiap lembaga asuransi tentu memiliki sebuah aturan main agar semuanya berjalan dengan baik, juga terdapat aturan yang mengatur hak dan kewajiban untuk para peserta atau anggota asuransi. Tak terkecuali asuransi pemerintah yaitu BPJS juga memiliki peraturan yang harus di ikuti.

Salah satu aturan yang digalakkan yaitu setiap peserta bpjs wajib membayar iuran peserta setiap bulan dengan ba sesuai dengan kelas yang dipilihnya. (Baca Disini : Iuran Peserta BPJS 2016 ). Pembayaran iuran dilakukan setiap bulan sebelum tanggal 10 setiap bulannya.

Apabila peserta bpjs atau pemegang kartu bpjs tidak membayar iuran alias menunggak, maka akan dikenakan sanksi, yaitu BPJS akan menghentikan layanan sementara kepada peserta yang menunggak walaupun hanya 1 bulan.  Kebijakan ini diterapkan mulai 1 Juli 2016, sesuai Peraturan Presiden Nomor 19 tahun 2016.

Ketika status keanggotaan di hentikan, maka peserta bpjs tidak bisa berobat menggunakan kartu tersebut. Untuk mengaktifkannya kembali peserta dapat segera membayar iuran sejumlah bulan yang tertunggak + bulan saaat ingin melunasi tunggakan.

Contoh : Anda menunggak 1 bulan untuk Bulan September 2016 dengan iuran wajib kelas 1 Rp 80.000, dan anda melunasinya pada bulan Oktober 2016 maka iuran yang harus dibayar yaitu Rp 160.000 (untuk bulan September dan Oktober).

Peserta tidak dikenakan denda dan setelah keanggotaan di aktifkan maka peserta dapat berobat menggunakan kartu bpjs kesehatan seperti biasanya. Kecuali untuk fasilitas rawat inap. Anda tidak diperbolehkan menggunakan layanan rawat inap dalam jangka waktu 45 hari sejak status kepesertaan aktif kembali.

Apabila peserta menggunakan fasilitas rawat inap dalam waktu 45 hari tersebut maka peserta akan dikenakan denda, denda yang dibebankan kepada peserta yaitu dengan rumus penghitungannya 2,5 persen x biaya RS x jumlah bulan tertunggak.

Contoh : 10 hari setelah status kepesertaan aktif, pasien dirawat di RS yang mengahbiskan biaya Rp10 juta. Berikut jumlah denda yang harus dibayar adalah 2,5 persen x Rp10 juta x 3 = Rp750.000.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply