Lunasi Tunggakan Iuran Sebelum Menggunakan BPJS Kesehatan

Pembayaran Tunggakan Iuran BPJS Lewat Indomaret
Pembayaran Tunggakan Iuran BPJS Lewat Indomaret via aritunsa.com

Setiap peserta BPJS memiliki kewajiban untuk membayar iuran peserta yang dibayar setiap bulan sebelum sebelum tanggal 10. Biaya iuran yang dibayarkan berdasarkan kelas yang dipilih, untuk kelas 1 peserta harus membayar iuran sebesar Rp80ribu, untuk kelas 2 sebesar Rp51ribu dan Kelas 3 sebesar Rp25.500

Jika peserta tidak membayar iuran melewati batas waktu tanggal 10 setiap bulannya maka peserta dinyakan menunggak dan terlambat membayar iuran. Jadi sebelum tanggal 10 anda harus sudah membayar iuran bulan berjalan. Ketika peserta terlambat maka status akan dihentikan sementara, sehingga peserta tidak bisa menggunakan jaminan kesehatan.

Untuk bisa menggunakan kartu BPJS Kesehatan untuk berobat, peserta yang memiliki tunggakan harus membayar iuran peserta terlebih dahulu, tidak ada biaya denda keterlambatan jadi iuran yang harus dibayar sesuai dengan iuran yang bulan yang belum dibayarkan.

Tapi ingat, ketika anda membayar tunggakan iuran karena ingin mendapatkan jaminan kesehatan dalam waktu 45 hari setelah status keanggotan bpjs anda diaktifkan, maka anda akan dikenakan denda. Dendanya yaitu 2,5% dikalikan dari biaya pelayanan kesehatan setiap bulan tertunggak maksimal 12 bulan atau maksimal 30 Juta.

Baca Disini : Penjelasan Denda ketika Berobat setelah melunasi Tunggakan

Jadi bayar iuran BPJS itu bukan ketika ingin berobat menggunakan BPJS. Jadi memang sudah menjadi kewajiban sebagai peserta tertib membayar iuran. Jadi anda bisa menggunakan jaminan kesehatan BPJS sewaktu – waktu ketika anda mengalami gangguan kesehatan dan berobat.

Namun pastinya dengan iuran peserta yang anda bayarkan, telah banyak membantu pasien peserta BPJS Kesehatan lainnya yang sakit, begitu juga ketika anda sakit, anda akan terbantu dengan biaya peserta lain yang sehat, jadi sistem BPJS adalah gotong royong.

Semoga anda diberikan Kelancaran Rezeki yang banyak dan Berkah. Dan selalu dalam keadaan Sehat.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply