Cara Berobat ke Rumah Sakit Dengan BPJS Kesehatan

Cara Berobat ke Rumah Sakit dengan BPJS Kesehatansumber foto : tribunnews.com

BPJS Kesehatan telah membuat sebuah aturan dalam prosedur berobat, ketika peserta sakit, peserta tidak bisa langsung berobat ke rumah sakit , dengan sistem rujukan berjenjang mengharuskan peserta berobat terlebih dahulu ke faskes 1 dan mendapatkan surat rujukan terlebih dahulu untuk bisa berobat ke rumah sakit.

Sebagai contoh, misal anda mengalami gejala penyakit jantung seperti sakit dada bagian kiri,  anda tidak bisa langsung berobat ke rs jantung harapan (kecuali : Darurat). Anda harus berobat terlebih dahulu ke faskes 1 yang tertera pada kartu anggota bpjs anda, jika memang ternyata sakit anda dibilang serius yang tidak bisa diselesaikan di faskes 1 maka anda akan mendapat rujukan ke rumah sakit.

 

Apabila anda ternyata di rujuk ke rumah sakit, maka bisa langsung ke rumah sakit dengan membawa semua persyaratan yang diperlukan. Untuk menuju rumah sakit biasanya faskes 1 memberikan layanan berupa Mobil Ambulance. Adapun syarat berobat ke rumah sakit adalah :

  • Fotocopy kartu bpjs dan Asli
  • Surat Rujukan dari Faskes 1
  • Fotocopy KTP dan Asli

Baca Juga : Ambulan di tanggung BPJS 

Itulah prosedur yang harus dilalui peserta BPJS Kesehatan ketika ingin berobat ke Rumah Sakit, ketika telah melalui prosedur yang berlaku maka biaya akan ditanggung atau dicover BPJS Kesehatan. Akan tetapi jika anda langsung ke rumah sakit tanpa rujukan maka biaya akan ditanggung pribadi, kecuali dalam keadaan Darurat.

Untuk mengetahui Kondisi Darurat yang sesuai dengan ketentuan BPJS Kesehatan anda dapat megetahuinya melalui website bpjs-kesehatan.go.id | Atau buka halaman berikut : Baca Juga : Kreteria Gawat Darurat

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply