Pasien divonis Gagal Ginjal, Jalani Cuci Darah ditanggung BPJS Kesehatan

Cuci Darah dengan BPJS Kesehatan

Cuci Darah dengan BPJS Kesehatan

Rolen Br Panjaitan, Seorang Ibu dari 3 orang anak yang juga telah menjadi peserta BPJS Kesehatan divonis oleh Dokter menderita gagal ginjal pada bulan Agustus 2015, sehingga dirinya harus menjalani cuci darah 8 (delapan) kali dalam sebulan. Mahalnya biaya pengobatan rumah sakit membuat keluarga nya putus asa. 

Dengan penghasilan suami yang minim (tidak tetap), Membuat Rolen Br Panjaitan pasrah bahkan sangat tipis harapannya untuk bisa mendapatkan perawatan hingga bisa sembuh. Bagaimana tidak, biaya cuci darah yang begitu besar, baru 4 kali cuci darah dirumah sakit dikenakan biaya biaya Rp 8.500.000.

Ditambah lagi dengan biaya rawat inap selama seminggu bisa mencapai Rp 16.000.000. Rolen telah memiliki hutang yang menumpuk guna membiayai perawatannya yang harus melakukan cuci darah rutin. Hingga kemudian Rolen mendapat informasi mengenai BPJS Kesehatan.

Kemudian ia mendaftarkan diri dan keluarganya pada BPJS Kesehatan sebagai peserta mandiri dengan hak perawatan kelas III dengan iuran Rp 25.500 per jiwa per bulan.

Rolen mengaku pesimis akan bisa mendapatkan layanan kesehatan yang memuaskan dari rumah sakit, karena menurutnya akan ada perbedaan layanan yang diberikan kepada pasien BPJS dengan Pasien Umum. Rolen merasa puas setelah mendapatkan pelayanan berobat dengan BPJS Kesehatan untuk menjalani cuci darah.

Menurutnya, dengan memahami prosedur dan tidak segan bertanya kepada Petugas BPJS Kesehatan, maka manfaat yang diperoleh juga akan optimal.  

“Pertama sempat takut akan ditelantarkan karena peserta JKN Mandiri kelas III. Tapi ternyata saya dilayani dengan baik. Semua perawat ramah, petugas BPJS Kesehatan Center-nya juga informatif.” tuturnya. Kini, sebagai peserta JKN Rolen tidak lagi dipusingkan dengan biaya pengobatan yang harus dikeluarkannya. Keluarga besarnya juga merasa tenang karena Rolen masih memiliki harapan sembuh dengan tetap menjalani cuci darah dengan rutin.

Jadwal cuci darah Rolen di Rumah Sakit Vita Insani pada hari Senin dan Kamis masing-masing selama 4 jam. “Saya bersyukur sekali dengan adanya Program JKN ini. Jika saya bukan peserta JKN mungkin saya tidak akan bertahan hingga dengan sekarang. Keluarga saya juga akan jadi semrawut karena terus menerus terlilit hutang. Kami benar-benar terselamatkan” katanya.

Sumber : Akun Resmi BPJS Kesehatan di Kompasiana

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Comments are closed.