Pindah Faskes 1 Tidak Bisa Secara Online Harus Ke Kantor BPJS

Faskes adalah Fasilitas Kesehatan sebuah tingkatan yang dibuat BPJS untuk memudahkan prosedur berobat peserta. ada faskes 1 dan faskes lanjutan. Faskes 1 terdiri dari Klinik, Puskesmas, Dokter Keluarga dll yang tugasnya memberikan pelayanan pertama kepada peserta yang sakit dan merujuk ke faskes lanjutan (jika diperlukan), Faskes lanjutan adalah Rumah Sakit.

BPJS Kesehatan menerapkan sistem rujukan berjenjang,  jadi peserta sakit dan ingin berobat menggunakan layanan BPJS harus mengikuti prosedur yang berlaku, yaitu berobat terlebih dahulu ke faskes 1 sebelum ke faskes lanjutan, bagi pasien yang ingin berobat ke faskes lanjutan harus mendapatkan Rujukan dari Faskes 1 terlebih dahulu, kecuali dalam keadaan darurat.

Bicara soal faskes, setiap peserta diharuskan memilih faskes 1 saat mendaftar menjadi peserta bpjs pertama kali. Dalam memilih faskes disarankan untuk memilih faskes yang dekat dengan tempat tinggal, dan faskes yang telah dipilih akan tertera pada kartu anggota bpjs.

Faskes 1 BPJS yang telah dipilih dapat di ganti atau di ubah, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika ingin merubah faskes 1 anda harus terdaftar aktif terlebih dahulu selama 3 bulan, dan perubahan faskes hanya dapat dilakukan 1 kali saja. Perubahan faskes hanya dapat dilakukan di Kantor BPJS Kesehatan, jadi Tidak Bisa Secara Online.

Baca Juga : Cara Pindah Faskes 1 

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply