Kenapa Keanggotaan BPJS Saya di Blokir alias tidak Aktif ?

Banyak peserta BPJS Kesehatan yang kaget setelah mengetahui keanggotaan nya sudah tidak aktif atau tidak bisa lagi digunakan, mereka mengetahui ketika saat ingin menggunakan layanan BPJS, mungkin saat sakit dan akan berobat. Hal ini terjadi karena kelalaian peserta yang telat membayar iuran sehingga keanggotaan nya di Blokir oleh BPJS Kesehatan. 

Peserta BPJS diwajibkan untuk membayar premi atau iuran setiap bulan, ketika peserta BPJS menunggak sampai batas waktu yang telah ditetapkan maka status keanggotaannya akan otomatis di blokir oleh sistem. Batas waktu di blokir yaiut ketika Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) menunggak 3 (tiga) bulan, dan untuk Peserta Bukan Penerima Upah dan Bukan Pekerja menunggak 6 (enam) bulan.

Namun sebelumnya BPJS Kesehatan akan mengirimkan surat peringatan kepada peserta untuk mengingatkan perihal tagihan iuran bpjs yang menunggak, kemudian jika peserta yang bersangkutan tidak memberikan respon maka kartu keanggotaan BPJS akan di nonaktifkan.

Kartu BPJS di Blokir tidak bisa digunakan

Kartu BPJS di Blokir tidak bisa digunakan

Agar Status BPJS anda tetap aktif maka ikuti peraturan hak dan kewajiban sebagai anggota bpjs yang telah disepakati sejak awal bergabung menjadi anggota BPJS kesehatan. Ketika peserta menunggak maka tagihannya akan semakin membengkak untuk melunasinya, sebelum tunggakan di lunasi status keanggotaan bpjs belum bisa di aktifkan.

Baca : Cara Mengaktifkan BPJS yang di Blokir

Sebagai Contoh : Bagi peserta BPJS Kelas 2 menunggak 3 bulan menunggak pada premi yang dibayarkan sebesar Rp 25.000/jiwa maka akan menjadi Rp75 ribu/jiwa. Lalu dengan tiga anggota keluarganya yang lain total menjadi Rp75 ribu x tiga bulan akan menjadi Rp 225 ribu.

Namun peserta anggota BPJS Kesehatan yang terlanjur menunggak dan kartunya nonaktif tidak perlu cemas. Kartu tersebut akan aktif kembali setelah seluruh tunggakan selama tiga bulan dibayar lunas.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply