Iuran Peserta BPJS Naik, 5 Manfaat Yang Akan didapatkan Peserta

Melalui situs resmi BPJS-Kesehatan.go.id telah diumumkan bahwa pemerintah telah melakukan revisi baru yang tertulis dalam Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016 mengenai Jaminan Kesehatan. Seperti yang telah dikabarkan bahwa BPJS Kesehatan menaikan Iuran Peserta yang akan diberlakukan pada tanggal 1 April 2016. 

Kenaikan iuran peserta menjadi salah satu hal yang paling disorot masyarakat, terutama bagi yang telah mendaftar BPJS Kesehatan, adapun kenaikan iuran peserta BPJS adalah Sebagai berikut kelas 1 naik menjadi Rp 80.000, kelas 2 naik menjadi Rp 51.000 dan kelas 3 naik menjadi Rp30.000 , tak hanya kenaikan Iuran, Peraturan mengenai Keterlambatan  Bayar Iuran juga diperbaharui.

Rawat Inap BPJS Kesehatan

Rawat Inap BPJS Kesehatan

Sepertinya dampak yang akan terjadi setelah diumumkan nya kenaikan iuran, beberapa masyarakat yang telah menjadi peserta bpjs memutuskan untuk pindah kelas, kebanyakan turun kelas. Kebanyakan hal ini dilakukan oleh Masyarakat yang memiliki ekonomi menengah kebawah. Mungkin jika 1 orang tidak masalah, mereka menghitung jumlah keluarga.

Namun ada beberapa hal yang perlu di ketahui, bahwa dengan kenaikan iuran peserta. BPJS Kesehatan akan meningkatkan beberapa pelayanan jaminan kesehatan. Irfan Humaedi menerangkan bahwa ada 5 manfaat yang akan didapat para peserta BPJS Kesehatan :

1. Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan

Dapat dilakukan peningkatan dan rasionalisasi tarif sehingga akan berdampak secara langsung terhadap kualitas layanan untuk masyarakat.

2. Penyesuaian rasio (distribusi dokter)

Rasio dokter 1 : 5.000 peserta akan semakin merata pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FTKP) sehingga layanan kepada masyarakat lebih baik.

3. Peningkatan akses dan fasilitas kesehatan

Jumlah FKTP (puskesmas, klinik pratama, dokter praktik perorangan) semakin bertambah, sebanyak 37.309. Sementara jumlah rumah sakit mencapai 2.068.

4. Kinerja pelayanan dilakukan melalui kontrak komitmen pelayanan

Dalam hal ini, dapat diterapkan upaya promotif dan preventif berjalan optimal.

5. Penambahan manfaat pelayanan kesehatan

Dalam peraturan terbaru disebutkan, pelayanan KB (Tubektomi Interval) dan pemeriksaan medis dasar di rumah sakit (UGD) akan dijamin BPJS.

Sumber : Liputan6

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Comments are closed.