Wajib Baca, 8 Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan Anda

8 Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan yang Wajib Anda Tahu – Siapa sih yang ga pernah makan mie instan, mayoritas dari kita semua pernah makan yang nama nya mie instan. Tinggal intensitas seberapa seringkah kita mengkonsumsi mie instan tersebut. 

Tidak ada yang melarang siapapun untuk makan mie instan, tapi secara pribadi kita juga harus memperhatikan kesehatan tubuh. Karena ternyata terlalu sering makan mie instan akan menimbulkan dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Bahaya Makan Mie Instan

Bahaya Makan Mie Instan via Shutterstock/Bohbeh

Memang enak makan mie instan, apalagi Mie Instan sekarang ini sudah banyak sekali jenis rasa nya dari berbagai merek. Mungkin sesekali boleh lah kita makan mie, tapi jangan terlalu sering apalagi mengkonsumsi dalam jumlah banyak. Maka dari itu anda wajib tahu bahasa yang dapat ditimbulkan dari mie instan bagi kesehatan manusia :

1. Memicu Datang nya Penyakit Kanker

Mie Instan secara kebanyakan mengandung Bahan styrofoam atau polystyrene , karena bahan makanan tersebut banyak digunakan pada jenis makanan kemasan dan instan, termasuk mi instan. Berdasarkan ilmu kesehatan bahan makanan tersebut dapat menyebabkan kanker jika di konsumsi tubuh, apalagi dalam jumlah yang tidak wajah akan lebih cepat bereaksi.

2. Menurunkan Sistem Metabolisme

Banyak Makan mie instan memang cepet bikin badan gemuk, tapi gemuk yang tidak sehat. Karena dibalik gemuknya badan justru sistem metabolisme anda menurun. Tak hanya itu dengan Makam mie instan juga dapat menyebabkan akumulasi racun dalam tubuh yang berasa dari zat penambah rasa, pewarna, dan pengawet di dalamnya.

3. Merusak Sistem Pencernaan

Situs kesehatan boldsky.com juga pernah membahas mengenai bahaya mie instan, tertulis bahwa mie instan dapat merusak sistem pencernaan. Salah satu dampak yang timbul ketika seseorang terlalu sering makan mie instan yaitu mudah terkena sembelit, diare, sakit perut, naiknya asam lambung, kembung, hingga masalah lambung lainnya.

4. Masalah Penyerapan nutrisi

Mi instan dapat menjadi penghalang penyerapan nutrisi penting, khususnya saat diberikan kepada balita. Hal ini dapat menjadi penyebab anak kurang gizi dan tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan sehat yang telah disantap.

5. Meningkatkan Tekanan Darah

Tak heran sering dijumpai banyak orang yang mengalami penyakit darah tinggi, bahkan itu dialami seseorang yang masih dalam muda. Salah satu pemicu terjadinya adalah karena sering nya makan mie instan, mie instan mampu meningkatkan tekanan darah, masalah ginjal, serta retensi cairan di tangan dan kaki.

6. Berat Badan Meningkat

Mie Instan memiliki kandungan lemak dan sodium yang cukup tinggi, hal ini dapat menghalangi masuknya air untuk proses pembakaran lemak, sehingga berat badan anda cepat meningkat (berat badan yang kurang sehat). Sedangkan kandungan sodium yang berlebihan pada mie instan juga dapat menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, stroke, dan kerusakan ginjal dan Lever.

7. Menyebabkan Serangan jantung

Suatu studi yang didalam The Journal of Nutrition, dengan melibatkan 10.711 orang dewasa di Korea Selatan temukan bahwa makan dua atau lebih mie instan dalam satu minggu bisa mengakibatkan peningkatan resiko penyakit jantung. Dalam studi itu juga temukan bahwa wanita yang makan mie instan 2 x satu minggu atau lebih mempunyai resiko semakin besar sampai 68 % alami sindrom kardiometabolik.

8. Kerusakan Lever

Dampak buruk yang dapat terjadi pada kesehatan anda, yaitu organ tubuh bagian lever akan rusak, jika ini terjadi maka dapat menyebabkan kematian yang lebih cepat. Sebab mie instan mengandung humektan atau zat anti beku yang mampu menyebabkan kerusakan ginjal dan lever. Mie instan juga mengandung propilen glikol yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply