Scaling Gigi ditanggung BPJS Kesehatan (Perawatan Gigi)

Scaling Gigi ditanggung BPJS Kesehatan

Kurang rajinnya gosok gigi (membersihkan gigi) setelah makan biasa membuat gigi muncul karang – karang yang membuat tidak nyaman. Maka sebelum terjadi karang gigi, maka rajinlah membersihkan mulut dengan gosok gigi sebelum tidur, saat mandi , dan setelah makan. 

Bagi yang sudah terlanjur karang gigi menumpuk maka bisa dibersihkan di puskesmas atau rumah sakit yang akan ditangani langsung oleh Dokter Spesialis gigi. Pembersihan karang gigi atau Scaling Gigi biaya nya ekitar Rp 300 ribu – Rp 500 ribu, tergantung masing – masing daerah.

Namun, untuk peserta BPJS Kesehatan mendapatkan kesempatan untuk membersihkan karang gigi gratis. Dimana BPJS Kesehatan memasukan salah satu pertanggungan BPJS adalah Scaling Gigi atau Pemersihkan Karang Gigi. Namun perlu diketahui, pembersihan karang gigi yang ditanggung BPJS hanya 1 kali dalam 1 tahun.

Berdasarkan Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2014 Pasal 52 ayat (1), Scaling Gigi merupakan salah satu bentuk perawatan gigi yang diberikan kepada peserta BPJS. Tentunya peserta harus mengikuti prosedur yang berlaku, yaitu berobat pertama di Faskes 1 yang telah ditertera pada kartu BPJS anda.

Jika peserta yang ingin membersihkan karang gigi, kok ternyata faskes 1 mengatakan bahwa scaling gigi tidak di tanggung BPJS, maka peserta dapat memberikan laporan terkait masalah tersebut langsung ke BPJS Kesehatan, sehingga bpjs akan melakukan tindakan croscek ke faskes yang dimaksud.

Terima Kasih atas kerjasamanya.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply