2 Jenis Penambalan Gigi yang ditanggung BPJS Kesehatan

Tambal Gigi Komposit dengan BPJS Kesehatan

Tambal Gigi Komposit dengan BPJS Kesehatan

Masalah yang sering dijumpat tentang kesehatan mulut dan gigi adalah gigi berlubang, adanya gigi berlumbang. Hal ini disebabkan karena kurang displinnya seseorang dalam membersihkan gigi terutama ketika habis makan/minum dan sebelum tidur. 

Ketika mengalami gigi berlubang ada 2 hal yang sering dilakukan, kalau tidak dicabut ya ditambal. Bagi orang dewasa ketika gigi dicabut maka gigi tidak akan tumbuh lagi sehingga membuat gigi ompong atau memasang gigi palsu. Maka banyak orang yang gigi berlubang memilih untuk ditambal.

Bicara soal tambal gigi, khusus bagi peserta BPJS Kesehatan. Ada yang bertanya apakah penambalan gigi berlubang ditanggung BPJS Kesehatan? Sesuai dengan peraturan BPJS Nomor 1 Tahun 2014 Pasal 52 ayat 1 mengenai layanan perawatan gigi, salah satu layanan yang ditanggung BPJS adalah tumpatan (tambal gigi).

Jadi kesimpulannya, Tambal Gigi bisa ditanggung BPSJ Kesehatan, dengan catatan peserta memenuhi persyaratan dan prosedur yang berlaku. Yaitu penambalan gigi atas dasar indikasi medis yang jelas dari Dokter Gigi difaskes 1 atau faskes lanjutan (bukan permintaan sendiri).

2 Jenis Penambalan Gigi yang ditanggung BPJS Kesehatan

1. Tumbatan GIC adalah Tambal igi menggunakan Semen IC/Glas Ionomer Cement. (Biasanya digunakan untuk tambal gigi anak-anak, untuk orang dewasa bersifat semi permanen)

2. Tumpatan Komposit : Tambal Gigi Komposit  menggunakan Bahan yang sewarna gigi (hampir serupa), terbuat dari resin komposit, proses pengerasan dengan sinar light cure.

Baca Juga : Membersihkan Karang Gigi ditanggung BPJS Kesehatan

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply