Apakah Kecelakaan Lalu lintas ditanggung BPJS ?

Ketika melakukan perjalanan menggunakan kendaraan memiliki sebuah resiko yang tak terduga, yaitu mengalami kecelakaan lalu lintas. Namun kita tetap berdoa semoga Tuhan meyelamatkan kita.  Bicara soal kecelakaan lalu lintas, ketika kecelakaan itu merupakan insiden besar yang menyebabkan seseorang mengalami luka dan membutuhkan pelayanan medis tentu akan berhubungan dengan biaya.

Bagaimana hubungan kecelakaan lalu lintas dengan BPJS Kesehatan, apakah biaya rumah sakit akan ditanggung BPJS?  Ketika anda atau keluarga anda mengalami kecelakaan maka buatlah surat keterangan dari kepolisian yang menyatakan bahwa anda atau keluarga anda benar – benar menjadi korban kecelakaan lalu lintas.

Jika anda telah menjadi peserta BPJS, maka BPJS Kesehatan akan menanggung biaya rumah sakit. Namun itu tidak semuanya, anda perlu mengurus terlebih dahulu layanan Jasaraharja, karena pada dasarnya kecelakaan lalu lintas ditanggung Jasaraharja, Rp10 Juta rupiah untuk luka-luka, Rp25 juta untuk cacat permanen  selebihnya baru biaya RS ditanggung BPJS kesehatan sebagai penjamin ke II tentu dengan prosedur yang berlaku.

Kecelakaan Lalu Lintas

Kecelakaan Lalu Lintas

Hal ini menjadi kewajiban Jasaraharja, karena pada saat pemilik kendaraan membayar pajak, disana sudah termasuk iuran asuransi jalan raya, ketika pengguna kendaraan mengalami kecelakaan dijalan raya maka anda dapat klaim bantuan dari jasaraharja. Tentunya anda juga harus memenuhi prosedur yang berlaku di jasaraharja untuk dapat menerima dana bantuan biaya atas kecelakaan yang anda alami.

Kesimpulannya : Ketika anda mengalami kecelakaan maka segera minta keterangan dari kepolisian atas kecelakaan yang terjadi, kemudian anda dapat mengurus terlebih dahulu Layanan Jasa Jaminan Sosial Jasaraharja, kemudian barulah anda mengurus BPJS Kesehatan dengan membawa persyaratan yang berlaku. dan juga pastikan memenuhi prosedur rujukan, kecuali jika saat ini membutuhkan Layanan Gawat Darurat maka bisa langsung ke Rumah Sakit tanpa melalui faskes 1.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Bagaimana mau mengurus ke jasa Raharja dan kepolisian klu pasien tdk bisa berjalan..?sementara pihak rumah sakit minta pembayaran?

Leave a Reply