Jika Tidak Mampu Bayar Iuran BPJS, Daftar aja Kelas 3 atau Lebih Baik Ikut PBI

BPJS Kesehatan telah memutuskan dan mengumkan beberapa peraturan baru yang salah satu nya adalah mengenai Kenaikan Iuran BPJS. Tentu saja kenaikan ini akan berdampak ke beberapa kalangan masyarakat, mungkin jika membayar 1 orang untuk dirisinya sendiri tidak terlalu memberatkan, sedangkan bagaimana jika dalam anggota keluarga terdapat 5 orang yang harus dibayar, maka tentu akan berat khususnya bagi masyarakat ekonomi menengah kebawah.

Para pakar telah mengkaji akan hal ini, para peserta yang memang dirasa berat untuk membayar iuran peserta BPJS terutama kelas 1 dan kelas 2 yang besaran iurannya lebih tinggi dibandingkan dengan kelas 3, Jika memang begitu anda bisa mendaftarkan diri dan keluarga untuk kelas 3 dengan biaya iuran Rp30.000/peserta atau bisa juga ikut ke PBI (penerima bantuan iuran).


Pendaftaran Peserta BPJS Kesehatan
Pendaftaran Peserta BPJS Kesehatan

Kepala Humas BPJS Kesehatan Irfan Humaidi mengatakan “Masyarakat ekonomi menengah ke bawah pasti sadar akan kemampuan masing – masing . Ini kan perhitungan para ahli. Berdasarkan pengalaman per segmen, pemerintah telah mengalokasikan dana untuk 92,4 juta masyarakat miskin yang tergolong dalam Penerima Bantuan Iuran (PBI). Bila mereka tidak mampu, masukkan dalam kuota atau bisa dimasukkan ke Jamkesda,”

Ini adalah Pilihan, anda bisa memilih mengukur kemampuan ekonomi, sebaiknya anda mendaftar BPJS Kesehatan di kelas yang mana. BPJS Kesehatan telah menyiapkan 3 pilihan kelas yang bisa diambil dengan ketentuan dan syarat yang berlaku.  Kelas 1 dan 2 memang diperuntukan bagi kelas menengah keatas dan pelayanan kesehatan yang nyaman, sedangkan untuk masyarakat ekonomi menengah kebawah bisa masuk ke kelas 3 dengan pelayanan kesehatan yang standar.


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI

3 COMMENTS

  1. Saya punya tunggakan bpjs kls 2 ,saya mau pindah kelas 3 gimana y pk soalnya saya tidak mampu bayar saya sudah tidak bekerja lagi ,saya cuman jualan kecil2 an dan tidak bisa mencukupi mohon infonya caranya gmn?

  2. Saya ibu tunggal,..( suami meninggal th 2005 ),..suatu hari saya di suruh mendaftarkan anak ke BPJS, .ternyata di harus kan seluruh anggota keluarga,.. terdaftar lah saya dan 3 anak anak ku,..namun masalah nya adalah,..saya ibu rumah tangga yg bekerja serabutan,..pernah mengajukan berhenti dr BPJS kesehatan tdk bisa,..ke PBI,..kt nya tdk terdaftar,…ke dindos Cilacap,..masa iya pindah kepesertaan ibu dan 1 anak sajj tdk bisa

  3. Kami saat lebaran tahun ini berkunjung ke Jawa Tengah tepatnya Kebumen kami penduduk Jakarta kebetulan kami berobat ke Rumah Sakit PKU Muhamadiyah Cabang Sruweng disitu ditanyain peserta BPJS kebetulan kami sebagai peserta BPJS namun sayang kami tidak membawa kartunya cuma punya nomor kepesertaannya sehingga kami tidak bisa memanfaatkan BPJS, walaupun kami tidak bisa menggunakan fasilitas tersebut namun kami merasa BPJS di Jawa Tengah khususnya di PKU Muhamadiyah Cabang Sruweng dihargai dari pada sewaktu istri (almarhum) saya sakit dan berobat di Jakarta Timur kebetulan kami tinggal di Jakarta Barat dan………….kami harus mengurus dulu rujukan dari Puskesmas domisili kami.
    Semoga BPJS bisa dimanfaatakan dimana saja sewaktu kena musibah karena sakit tidak direncanakan dan tidak mengenal waktu dan tempat.
    Terima kasih
    BPJS 7920421

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.