Kenapa Peserta PBI tidak boleh pindah Faskes?

Faskes 1 merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang menjadi tempat para peserta berobat awal kali, sebelum melanjutkan berobat ke Rumah Sakit. Faskes 1 tertera pada masing – masing kartu peserta, dan penentuan faskes sejak pertama kali melakukan pendaftaran bpjs, jika memang peserta kurang cocok dengan faskes yang telah dipilih maka peserta bisa pindah faskes.

Untuk mengurus pindah faskes 1 hanya bisa dilakukan di Kantor BPJS Kesehatan dan dapat dilakukan setelah anda terdaftar menjadi peserta selama 3 bulan. (Baca : Cara Pindah Faskes) , Tidak semua peserta bisa pindah faskes, khususnya untuk peserta PBI , memang tidak diperbolehkan pindah faskes 1, mengapa tidak diperbolehkan pindah?

Peserta PBI Berobat ke Puskesmas

Peserta PBI Berobat ke Puskesmas

Pertama adalah, Peserta PBI merupakan peserta yang mendapatkan bantuan dari Pemerintah Daerah / Dinsos sehingga tidak membayar iuran wajib perbulan, maka peserta hanya bisa berobat menggunakan kartu BPJS di faskes milik pemerintah saja seperti puskesmas / RSUD.

Pertimbangan kedua adalah peserta PBI masuk kedalam kategori warga kurang mampu (miskin) maka sebaiknya faskes 1 yang digunakan untuk berobat adalah Puskesmas. Dipuskesmas peserta BPJS lebih sedikit kemungkinan untuk diminta bayaran ketika membeli obat – obatan diluar tangguan bpjs. Puskesmas juga menyediakan obat – obatan yang mudah didapat, yang tidak selalu tersedia gratis di klinik.

Kalau boleh tahu apa alasan anda sebagai peserta PBI ingin pindah faskes? tentu didalam sebuah keinginan ada sesuatu yang mendorong untuk melakukan hal tersebut. Kalau hanya masalah kualitas layanan lebih baik dari puskesmas, seperti jam buka puskesmas lebih sedikit ketimbang klinik. Tapi perlu diketahui bahwa puskesmas juga ada yang melayani pasien 24 namun memang jumlahnya masih terbatas.

Semoga penjelasan ini dapat diterima oleh peserta PBI. Namun yang jelas, bersyukurlah apa yang bisa kita dapat saat ini, sudah bisa mendapatkan bantuan dari BPJS Kesehatan saja kita sudah bisa lega, karena tidak mengeluarkan biaya sama sekali. Kalau memang ingin mendapatkan fasilitas kesehatan yang lebih baik, dan merasa mampu maka kami sarankan untuk mengikuti BPJS Kesehatan jalur Mandiri.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply