Kapan Hitungan Masa Subur Seorang Wanita Agar Bisa Hamil ?

Menghitung Masa Subur Wanita
Masa Subur  yaitu sebuah waktu yang memungkinkan seorang wanita dapat hamil, ketika terjadi pembuahan antara sel telur wanita dan sel sperma pria. Sehingga seorang wanita harus tahu tentang masa subur pada dirinya.

Waktu ovulasi atau pelepasan sel telur merupakan masa subur pada wanita, adapun untuk waktu tepatnya yaitu  4-5 hari sebelum ovulasi dan 12-24 jam setelah ovulasi.

Seorang wanita dengan siklus menstruasi normal yaitu dengan siklus 28 hari, maka waktu ovulasi normal terjadi sekitar 12-14 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya.

Dapat disimpulkan bahwa, masa subur wanita berada di sekitar 13-18 hari sebelum hari pertama haid berikutnya. Wanita dapat menjadikan perhitungan tersebut sebagai patokan apakah anda memiliki siklus menstruasi teratur atau tidak.

Baca ini : Waspada, Haid Berkepanjangan dapat disebabkan Penyakit Kandungan

Untuk memastikan kapan masa subur pada diri anda, yaitu dengan cara mencatat siklus menstruasi selama minimal 8 bulan. Kemudian kurangi siklus terpendek Anda dengan 18 hari, lalu kurangi siklus terpanjang Anda dengan 11 hari.

Hari di antara kedua tanggal ini merupakan masa subur Anda. Selain itu, mengetahui masa subur wanita pun dapat dilakukan dengan mengukur suhu basal dan mengecek lendir sekviks.

Pada wanita yang memiliki siklus menstruasi yang pendek, ovulasi dapat terjadi hanya beberapa hari setelah menstruasi berakhir.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply