Cara Menggunakan Kartu BPJS Kesehatan di Daerah Lain

Lapor ke BPJS Ketika Akan Berobat di Daerah Lain

Tidak ada yang melarang seseorang bepergian keluar kota domisili, itu hak anda untuk pergi kemanapun yang anda mau. Namun dimana pun anda berada resiko yang bisa mengganggu kesehatan bisa saja datang. 

Ketika anda berada di suatu daerah lain mengalami sakit maka anda bisa berobat ke puskesmas atau rumah sakit yang ada di daerah tersebut. Untuk biaya pengobatan disesuaikan dengan sakit yang di alami.

Seorang peserta BPJS Kesehatan bertanya kepada kami, bagaimana jika kondisi seperti itu dialami oleh Peserta, mengalami sakit namun posisinya sedang di daerah lain, sedangkan faskes yang tertera di kartu bpjs adalah faskes yang ada di daerah domisili.

Apakah tetap bisa berobat menggunakan kartu BPJS?

Ya, Peserta BPJS Kesehatan tetap bisa berobat menggunakan kartu bpjs dimana saja berada. Namun tetap harus memenuhi prosedur yang berlaku. Ketika peserta sedang pergi keluar daerah domisili dan ingin berobat dengan bpjs kesehatan maka supaya melakukan beberapa hal.

Pertama, Peserta supaya melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan di lokasi terdekat untuk diarahkan ke faskes tingkat pertama yang ada didaerah tersebut.

Selanjutnya di faskes 1 sementara tersebut, peserta dapat memperoleh layanan pemeriksaan kesehatan. Jika kondisinya parah dan mengaruskan mendapatkan penangganan medis yang lebih serius maka akan dirujuk ke rumah sakit terdekat yang telah bekerjasama dengan bpjs.

Sedangkan jika dalam kondisi darurat peserta dapat langsung ke RS atau faskes manapun yang berada paling dekat dengan lokasi peserta, tanpa harus melapor terlebih dulu ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan.

 

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply