Penjelasan BPJS Kesehatan Soal Peredaran Kartu Palsu

Kartu Peserta BPJS Palsu Beredar

Beredarnya kartu peserta BPJS Palsu membuat warga resah, karena jika warga kedapatan menggunakan kartu BPJS palsu pada saat berobat maka akan ditolak. Peredaran kartu palsu ditemukan di Desa Kertajaya, Bandung Barat.

BPJS Kesehatan memberikan himbauan kepada warga, untuk mengurus sendiri kartu peserta dan keanggotaannya tanpa melalui perantara calo. Jika terjadi demikian warga sendiri yang akan rugi, karena kartu bpjs yang di terima adalah palsu yang tidak bisa digunakan.

Kemudian, apabila warga ragu dengan kartu BPJS yang dimilikinya maka warga dapat mengecek keasliannya menggunakan alikasi BPJS Kesehatan melalui hp android. Jika tidak bisa mengoperasikan android maka bisa minta bantu kepada oranglain yang anda kenal.

“Untuk pengecekan, dapat dilakukan melalui aplikasi BPJSK yang dapat didownload melalui Android (Google Play Store),” ujar Kepala Departemen Komunikasi Eksternal dan Humas BPJS Kesehatan, Irfan Humaidi, seperti yang dilansir pada¬†detikcom.

Baca Juga : Kenali Perbedaan Kartu BPJS Asli dan Palsu

Aplikasi BPJS Kesehatan tidak akan bisa mengidentifikasi identitas atau data dari Kartu BPJS yang palsu. Ketika ternyata masyarakat menjumpai masaah pada kartu BPJS yang dimiliki maka bisa langsung menghubungi BPJS Kesehatan baik langsung di kantor cabang atau call center 1500400.

Sebelumnya diberitakan, 230 warga Desa Kertajaya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, mengaku kecewa karena memiliki kartu BPJS palsu. Padahal, warga membuat kartu BPJS Kesehatan tersebut dengan cara dikolektifkan melalui aparatur desa.

Saat dikonfirmasi, Kepala Desa Kertajaya Fauzy Samsul membenarkan telah memfasilitasi pembuatan kartu BPJS Kesehatan bagi warga kurang mampu. Namun, yang mengejutkan aparatur desa malah menyerahkan pembuatan kartu tersebut ke pihak kedua yakni Rumah Peduli Duafa (RPD) dengan menarik iuran warga Rp 100 ribu/orang.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply