BPJS Kesehatan Tetap Buka Layanan Selama Lebaran dengan Prosedur yang Mudah

Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan

Pada saat lebaran Idul Fitri 2016 layanan bpjs kesehatan akan tetap dibuka, peserta akan tetap bisa berobat secara gratis menggunakan kartu bpjs di faskes 1 dimanapun dan kapanpun, tentunya selama peserta mengikuti prosedur yang berlaku.

Dan berobat sesuai ketentuan yang ditetapkan BPJS yaitu berobat atas dasar indikasi medis berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, faskes tidak diperkenankan menarik biaya iuran dari peserta pada saat peserta menjadi pasien yang berobat di faskes tersebut.

BPJS akan memberikan kemudahan kepada peserta untuk mendapatkan layanan kesehatan pada saat mudik ke kampung halaman, sehingga peserta dapat berobat di faskes yang ada di lokasi terdekat ditempat mudiknya. Ada sedikit nya 20.188 fasilitas kesehatan yang standyby beroperasi selama lebaran.

  • Fasilitas kesehatan itu terdiri atas 9.812 puskesmas, 4.461 dokter praktik perorangan, 711 klinik, 589 rumah sakit Polri, 3.478 rumah sakit pratama, dan 1158 dokter gigi.
  • Fasilitas kesehatan tingkat lanjutan sebanyak 4.754 rumah sakit terdiri atas 1.780 rumah sakit, 109 klinik utama, 1.933 apotek dan 932 optik.

Tak hanya itu, BPJS Kesehatan juga memberikan fasilitas kepada para pemudik dengan membuka posko mudik di 5 titik utama yang dipadati pemudik diantaranya seperti Pelabuhan Merak Banten, Terminal Kampung Rambutan Jakarta, Pelabuhan Gilimanuk Bali,  Terminal Purabaya Surabaya, dan Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar.

Pada Posko mudik tersebut pemudik dapat mendapatkan pelayanan kesehatan, obat-obatan, fasilitas relaksasi hingga sosialisasi program BPJS. Khusus bagi peserta bpjs yang sedang mudik dihimbau untuk selalu membawa kartu BPJS agar mudah mendapatkan layanan BPJS sewaktu – waktu dibutuhkan.

”Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat diluar wilayah tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dapat langsung mengunjungi instalasi gawat darurat rumah sakit terdekat yang ditunjuk kantor cabang,”

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply