Syarat Daftar Menjadi Peserta BPJS Mandiri

Kartu Peserta BPJS Mandiri

Pendaftaran peserta BPJS Kesehatan dapat dilakukan secara online maupun offline di kantor bpjs kesehatan. Tersedia beberapa jenis keanggotaan bpjs yaitu peserta bpjs mandiri, peserta bpjs perusahaan (PPU) dan peserta penerima bantuan iuran (pbi).

Bagi mereka yang telah memiliki kerja di sebuah perusahaan pendaftaran akan diurus oleh perusahaan sehingga kepesertaannya masuk ke kategori ppu sedangkan selain itu diurus sendiri dan masuk ke peserta BPJS Mandiri. Untuk peserta mandiri iurannya dibayar sendiri sesuai dengan kelas yang dipilih.

Tersedia 3 jenis kelas, ada kelas 1 dengan iuran peserta Rp80 ribu perbulan, kelas 2 dengan iuran peserta Rp51 ribu dan kelas 3 dengan iuran peserta Rp 25.500 , pembayaran iuran dilakukan setiap bulan dan dibayar sebelum tanggal 10 , jika peserta terlambat maka akan di nonaktifkan.

Untuk pendaftaran menjadi peserta BPJS Kesehatan Mandiri anda perlu mempersiapkan beberapa syarat pendaftaran yakni KK (kartu keuarga) asli, Fotocopy KK, Fotocopy KTP, pasfoto 3×4 warna, buku tabungan jika pilih kelas I atau II, dan mengisi formulir. 1 KK wajib daftar untuk keluarga inti dan memilih kelas yg sama.

Setelah mendaftaran maka anda akan mendapatkan Virtual Account Number untuk melakukan pembayaran pertama dan status kepesertaan akan aktif. Pembayaran iuran pertama dapat dilakukan setelah 14 hari sejak pendaftaran, begitu juga dengan keaktifan keanggotaan peserta bisa digunakan untuk berobat jika sudah membayar iuran pertama.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply