NIK Sudah Terdaftar Saat Ingin Mendaftar BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan РSetiap warga negara Indonesia diwajibkan untuk mendaftarkan diri pada program jaminan BPJS Kesehatan, perlu diketahui bahwa BPJS Kesehatan merupakan pembaharuan dari Jamsostek atau JKN yang telah diresmikan oleh Presiden. 

Beberapa kasus terjadi bahwa ada seseorang yang hendak mendaftar BPJS Kesehatan akan tetapi NIK KTP telah terdaftar, mungkin anda mengalami hal serupa saat mendaftarkan diri atau mendaftarkan anggota keluarga anda.

Jika terjadi demikian, sudah dipastikan pemilik NIK tersebut benar – benar telah terdaftar ke dalam program BPJS Kesehatan atau bagi yang tinggal di jakarta biasanya NIK terdaftar pada program JKN yang biasanya juga didaftarkan oleh perusahaan tempat yang bersangkutan bekerja.

Jika, ternyata ingin mendaftar ulang ke BPJS Kesehatan melalui daerah Lain, misalkan pindah lokasi. Maka perlu mendaftar ulang pada daerah tempat tinggal yang baru, akan tetapi sebelumnya peserta terdaftar melakukan pencabutan tanggungan pada pemerintah sebelumnya.

Contoh : Misalkan Anda dan Keluarga terdaftar pada BPJS Kesehatan di Jakarta dan Kemudian ternyata pindah Alamat ke Kota Bandung. Maka anda harus melakukan pencabutan tanggungan di Pemerintah Jakarta dan Mendaftar Ulang ke BPJS Kesehatan di Bandung melalui jalur BPJS Mandiri.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. herlin wijayanti

    Kalau sudah terdaftar di bpjs kota bandung dan sekarang jadi warga tetap semarang apakah harus mencabut tanggungan dulu atau daftar langsung di bpjs kesehatan semarang

  2. saya juga mau mendaftar BPJS tapi salah satu anak saya yang masih kecil dinyatakan sudah terdaftar, mana mungkin? siapa yang mendaftarkannya? sudah bener belum sih sistemnya nih

  3. Mau daftat BPJS kesehatan tetapi salah satu anggota keluarga, sudah terdaftar BPJS ketenagakerjaan. Sedangkan BPJS mewajibkan seluruh nama di KK harus didaftarkan. Apa yang perlu saya persiapkan untuk mendaftar..?

Leave a Reply