Apakah Operasi Bibir Sumbing ditanggung BPJS Kesehatan?

Tidak sedikir warga indonesia yang mengalami cobaan dimana bayi yang mereka lahirkan mengalami kelainan cacat bibir sumbing, suatu kelainan yang disebabkan oleh ketidaksempurnaan perkembangan genetika pada wajah saat dalam kandungan seorang ibu. Maka untuk memperbaikinya perlu dilakukan operasi khusus, namun operasinya ini tidak membutuhkan dana yang sedikit khususnya bagi warga miskin yang keterbatasan ekonomi.

Menyikapi hal itu BPJS Kesehatan membuka layanan baru yang menyatakan bahwa operasi bibir sumbing akan ditanggung BPJS Kesehatan. Namun tidak semua kelas peserta mendapatkan tanggungan biaya operasi bibir sumbing dari BPJS Kesehatan, hanya khusus untuk kelas 1 dengan iuran Rp59.500/bln saja yang bisa mendapatkan bantuan dana untuk operasi.

Biaya yang akan ditanggung yaitu biaya operasi sekaligus biaya ambulance, dan operasi bibir sumbing melalui BPJS Kesehatan akan dilakukan saat anak berusia diatas lima tahun dan harus dilihat dari kondisi kesehatan anak. Pihaknya, operasi ini tidak sepenuhnya gratis, hanya akan dibantu beberapa persen biaya nya, karena bpjs  perlu menghitung anggaran keuangan.

Dan juga tidak semua  fasilitas kesehatan (faskes) yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan bisa melakukan operasi ini, Hanya khusus rumah sakit yang besar yang telah memiliki peralatan operasi lengkap yang bisa menangani Operasi Bibir sumbing. Sebelumnya Operasi bibir sumbing tidak di tanggung BPJS Kesehatan, ini baru masih tahap awal.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply