Penyebab Penyakit Mata Katarak

Katarak merupakan sebuah gangguan kesehatan yang terjadi pada mata, biasanya penyakit katarak ini diderita karena faktor usia. Namun, saat ini tidak jarang umur masih muda sudah menderita mata katarak, ada beberapa penyebab yang menimbulkan terjadinya katarak pada mata, karena memang pada kondisi tertentu bisa muncul lebih cepat.

Kita akan menyimak beberapa kutipan penyebab penyakit mata katarak seperti yang telah di paparkan oleh dr. Atika pada laman KlikDokter. Sebelumnya, perlu kita ketahui tanda seseorang terkena penyakit katarak yaitu dengan adanya kekeruhan pada lensa mata. Bisa diihat perbedaannya antara mata normal dengan mata yang sudah kena katarak.

Lensa mata merupakan bagian terpenting karena berfungsi meneruskan cahaya hingga seseorang dapat melihat dengan jelas. Lensa mata normal terlihat bening. Bagi penderita katarak pengelihatannya akan berubah secara berangsur – angsur menjadi lemah,  hampir separuh (50%) orang-orang yang berusia 65-74 tahun telah mengalami katarak.

Penyakit Mata Katarak

Penyakit Mata Katarak

Penyebab yang kemungkinan terjadi seseorang terkena penyakit katarak adalah : 

Umur yang Sudah Tua : Ketika usia sudah masuk 60 tahun keatas, fungsi organ tubuh mengalami penurunan(menjadi lemah), wajar saja jika ini terjadi apalagi jika diwaktu muda kurang menjaga kesehatan (berolahraga) bahkan belum usia 60 tahun sudah mulai sakit – sakitan, tak terkecuali dengan fungsi mata, akan menurun dan yang paling umum adalah terkena penyakit katarak.

Mungkin memiliki Riwayat Trauma : Lensa mata yang pernah mengalami kerusakan saat muda (misalnya akibat masuknya serpihan material tajam ke mata, terbentur bola, kembang api) maka katarak akan muncul lebih cepat

Menderita penyakit tertentu : Beberapa penyakit tertentu juga dapat menyebabkan munculnya katarak seperti : penyakit diabetes melitus (penyakit gula), hipokalsemia (kekurangan kalsium darah), dermatitis atopik (penyakit kulit alergi) dll. Maka dari itu jika seseorang memiliki riwayat menderita penyakit tersebut dapat menyebabkan katarak dimasa tua nya.

Mengonsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka waktu lama : Contohnya obat kortikosteroid (sering digunakan untuk obat anti-peradangan) dan amiodaron (obat untuk mengatur irama jantung). Penggunaan obat-obat tersebut berkaitan dengan kejadian katarak.

Infeksi saat kehamilan : Katarak juga dapat diderita sejak lahir, yaitu pada katarak kongenital. Katarak dapat terjadi pada salah satu atau kedua mata anak. Penyebab utamanya terutama berkaitan dengan infeksi selama kehamilan, khususnya rubela.

Merokok : Merokok juga bisa menjadi salah satu penyebab utama seseorang terkena penyakit katarak, tak hanya katarak saja, seseorang yang sudah memiliki kebiasaan merokok sejak muda, biasanya pada tuanya akan banyak mengidap berbagai jenis penyakit.

Toksin/ racun : Penglihatan yang buram akibat katarak yang sudah berat tentunya akan mengganggu aktivitas penderitanya. Keburaman penglihatan akan menurunkan produktivitas, menyebabkan seseorang kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari. Sayangnya, hingga saat ini belum ada obat-obatan yang mampu menghambat atau mengembalikan lensa mata yang mulai mengalami katarak. Satu-satunya cara untuk menyembuhkan mata yang sudah mengalami katarak adalah dengan jalan operasi penggantian lensa mata baru oleh Dokter Spesialis Mata.

Katarak hanya bisa disembuhkan dengan cara operasi, apalagi penyakit katarak yang diderita sudah parah. Biaya operasi katarak cukkup tinggi, namun BPJS Kesehatan memberikan layanan kesehatan untuk menanggung Biaya Operasi katarak.

Baca Selengkapnya : Operasi Katarak dengan BPJS Kesehatan

Operasi Katarak dapat berjalan sangat singkat (kurang dari 1 jam), sayatan hanya dibuat sangat kecil, dan pemulihan pasca operasi berlangsung dengan cepat sehingga pasien dapat kembali beraktivitas (kurang dari 3 hari). Pasca operasi, jangan lupa untuk menggunakan pelembap mata agar mata tetap nyaman.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply