Bahaya Asap Rokok bagi Perokok Pasif

Perokok PasifSebelum kita melanjutkan pembahasan, kita harus tahu dulu apa pengertian perokok pasif itu? Perokok pasif adalah seseorang yang berada didekat perokok aktif sehingga mereka yang tidak merokok langsung dari mulutnya tetap menghisap asap rokok yang dikeluarkan dari perokok aktif. 

Contohnya, saat kita berada didalam Bus Umum tanpa AC, biasanya banyak penumpang yang merokok didalam, kita yang berada disampingnya juga ikut menghirup asap rokok yang penumpang yang sedang merokok.

Walaupun tidak merokok secara langsung, tapi dampak yang disebabkan juga sangat berbahaya. Perokok pasif juga ikut terkena penyakit yang jauh lebih berbahaya dibanding perokok aktif. Semakin banyak sisa asap rokok yang terhirup maka semakin tinggi juga resiko gangguan kesehatan yang dapat terjadi.

Bahaya Asap Rokok bagi Orang Dewasa

Asap rokok yang dihembuskan perokok aktif tidak akan langsung hilang, asap rokok biasanya butuh 2 – 3 jam baru dapat hilang, walaupun tidak terlihat oleh kasap mata dan tidak tercium oleh indra penciuman.

Dampak buruk dapat dirasakan bagi perokok pasif dalam jangka pendek dan juga dalam jangka panjang. Efek yang paling cepat yaitu sakit mata, batuk-batuk dan sakit kepala. Adapun jangka panjang yang dapat terjadi adalah Kanker Paru-paru, Asma, miningitis, terjadi penyempitan pembuluh darah, gangguan jantung dan stroke.

Karena, perlu diketahui bahwa terdapat 7000 jenis bahan kimia yang tersebar dalam asap rokok. Ratusan diantaranya terdapat zat yang sangat berbahaya yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang telah disebutkan diatas, zat berbahaya tersebut seperti karbon monoksida dan amonia.

Bahaya Asap Rokok Bagi Ibu Hamil

Wanita hamil yang dalam masa kehamilannya terpajan asap rokok berisiko lebih tinggi untuk mengalami komplikasi seperti keguguran, lahir mati, dan bayi dengan berat badan di bawah rata-rata.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply