Penyebab Rasa Sakit pada Pinggang Sebelah Kanan

Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Sakit pinggang sebelah kanan sering sekali di rasakan oleh seseorang baik laki-laki maupun wanit, untuk mengatasi rasa sakit tersebut anda perlu mengetahui apa penyebabnya. Dengan mengetahui penyebab sakit pinggang sebelah kanan akan memudahkan kita mengatasinya. 

Jangan dibiarkan saja, kita perlu mengambil langkah untuk menyembuhkannya, karena jika dibiarkan terus menurus justru sakitnya akan semakin parah, setelah itu justru penyembuhannya akan mengalami proses yang lama dan pastinya lebih sulit dari pada pencegahan sejak sekarang.

Ada beberapa kemungkinan kenapa pinggang sebelah kanan terasa sakit, beberapa kondisi yang perlu anda ketahui, mungkin inilah penyebab rasa sakit yang anda rasakan pada pinggang sebelah kanan, kemudian anda dapat pergi ke rumah sakit untuk cek kesehatan.

  • Terjadi penyempitan pada tulang belakang

Jika anda merasakan sakit pada pinggang sebelah kanan ada kemungkinan tulang belakang anda mengalami penyempitan, biasanya ini dipengaruhi dengan faktor usia yang terus bertambah (semakin tua). Rasa sakit ini biasanya dirasakan pada saat melakukan aktifitas gerak, tapi akan merasa reda ketika beristirahat.

  • Masalah Gangguan Kesehatan pada Ginjal

Ketika fungsi ginjal mengalami gangguan, dampak yang akan dirasakan biasanya rasa sakit pada pinggang, karena ginjal telaknya tepat dipinggang sehingga membuat bagian ini juga ikut terasa sakit. Biasanya, sakit yang menyerang pinggang dikarenakan penyakit di ginjal sudah akut atau kronis.

  • Cedera pada Piringan Sendi Pinggang

Pada pinggang terapat sebuah persendian yang rentan cidera ketika usia semakin tua, ketika piringan seniri tersebut mengalami cidera maka akan syaraf disekitarnya akan terjepit dan menimbulkan rasa sakit. Biasnaya terjadi karena seseorang mengangkat beban berat yang berlebihan, dan sakit pinggang sebelah kanan akibat cidera akan dirasakan selama 3 hari.

  • Trauma pada otot

Otot juga bisa mengalami kaku, salah satu pernyebab sakit pinggang itu kemungkinan ada otot disekitar pinggang mengalami kejang dan keram secara mendadak.  Ketika terjaadi aktivitas akan terganggung, tidak bisa digunakan untuk berjalan, berdiri apalagi membungkuk.

  • Linu panggul

Linu panggul bisa dirasakan oleh siapa saja yang mengalami tekanan atau iritasi pada syaraf siatik. Syaraf siatik merupakan syaraf dengan ukuran paling panjang dalam tubuh yang menjalar melalui punggung, panggul, bokong, hingga ujung kaki.

  • Empedu bermasalah

Empedu adalah bagian dari hati yang salah satu fungsinya untuk mencerna lemak dalam tubuh. Letak empedu ada di perut atas bagian kanan. Ketika empedu mengalami masalah maka mungkin akan menjalar pada pinggang sebelah kanan.

Karena pinggang memiliki fungsi yang sangat vital dalam menunjang aktivitas tubuh, maka jangan pernah menyepelekan rasa sakit yang menderanya. Melihat penyebabsakit pinggang bagian kanan di atas, beberapa di antaranya bisa berakibat fatal jika dibiarkan.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply