Waktu yang tepat untuk Hamil Setelah Operasi Caesar Menurut Dokter

Waktu untuk Hamil Setelah Operasi Caesar

Hal yang paling banyak ditanyakan oleh para Ibu Hamil khususnya bagi mereka yang telah menjalani operasi caesar yaitu kapan waktu yang tepat untuk bisa hamil kembali pasca operasi caesar? Karena operasi caesar merupakan proses persalinan dengan mengeluarkan bayi melalui pembedahan pada bagian perut dan rahim ibu.

Kalau ditanya kapan waktu yang tepat untuk bisa hamil lagi? Berdasarkan penelitian yang dilakukan tim Dicle pada tahun 1997 dinding rahim akan sembuh dengan sempurna membutuhkan waktu sekitar 6 bulan. Tapi menurut penelitian lain menyatakan berbeda, seperti penelitian yang dilakukan oleh Shipp pada tahun 2001.

Shipp melakukan penelitian dengan sample sebanyak 2409 orang wanita yang pernah menjalani operasi sesar, untuk menunjukan hubungan antara jarak persalinan dengan kejadian ruptura uteri (robekan rahim), dan menyatakan ada sekitar 29 kasus robekan rahim.

Jarak antara persalinan kurang atau sama dengan 18 bulan berkaitan 3 kali lipa terjadinya ruptura uterai (robekan rahim) dibandingkan dengan jarak persalinan diatas 18 bulan. Maka secara umum, kedokteran menyarakan kepada ibu yang melahirkan dengan cara operasi sesar supaya memberi jarak antara persalinan dengan kehamilan yang akan datang diatas 18 bulan.

Namun, demikian ibu juga perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan memeriksakan diri. Minta tips – tips kepada dokter, diharapkan ibu dapat kembali hamil dan melahirkan dengan proses persalinan yang normal.

Baca Juga : Operasi Caesar ditanggung BPJS Kesehatan

Sumber
Konsultasi dengan dr Ferdiansyah Putra Harahap, M.Ked(OG), SpOG
on detikHealth, Dokter Spesialis di RS Permata Depok 

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply