Bahaya Sering Begadang, Ini Yang Akan Terjadi Pada Otak Anda

Gangguan Insomnia

Otak merupakan bagian terpenting dari tubuh manusia untuk mengendali seluruh bagian lainnya. Otak memiliki kemampuan untuk melakukan tugas yang cukup ekstra setiap harinya, sehingga otak butuh waktu untuk diistirahatkan yaitu dengan cara tidur. Waktu yang paling efektif mengistirahatkan otak adalah di malam hari. 

Dengan beristirahat otak akan menjadi tenang, ibarat seperti “komputer” otak akan mengatur ulang sistem syaraf saat ditidurkan dan kemudian dapat kembali bekerja optimal saat nanti waktunya anda bangun. Itulah alasannya mengapa anda perlu mengatur waktu untuk beristirahat yang cukup.

Namun, kenyataannya kebanyakan orang dari kita memiliki masalah kurang tidur. Banyak hal yang terjadi baik itu disengaja dengan begadang, gangguan insomnia atau yang lainnya. Tapi paling sering orang kurang tidur karena faktor kesengajaan , terlalu sering begadang.

Kurang tidur akan menurunkan kemampuan otak dalam melakukan tugasnya.

Dalam sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam jurnal Radiology, tim peneliti menganalisis bagaimana insomnia berpengaruh terhadap kinerja otak, terutama bagian otak yang mengatur kesadaran, emosi dan pengetahuan, serta respon sensorik.

Penelitian dilakukan dengan cara membandingkan gambar otak dari 23 orang yang mengalami insomnia / yang sering begadang dan menganalisis 30 kemampuan umum otak sebagai sampel uji. Ditemukan bahwa orang-orang yang sering begadang atau mengalami gangguan insomnia mengalami gangguan secara signifikan pada konektivitas otak, sehingga kemampuan konsentrasi dan fokus mengalami penurunan.

Diketahui pula, 83% orang yang mengalami kurang tidur kebanyakan bukan hanya mengalami rendahnya konsentrasi, tapi juga mengalami gangguan emosi, fungsi berpikir dan melemahnya respon sensorik seperti penglihatan, penciuman dan sentuhan.

Tentu saja penelitian ini masih butuh banyak dikembangkan, namun sudah jelas bahwa kurang tidur memang punya banyak dampak negatif, terutama mengacaukan sistem otak. 

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply