Bisakah Daftar BPJS Tanpa Seluruh Anggota Keluarga dalam KK

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan jaminan kesehatan yaitu biaya berobat ditanggung bpjs kesehatan, maka harus mendaftar menjadi peserta terlebih dahulu dan membayar iuran setiap bulannya. Besarnya iuran peserta tergantung dari kelas yang di ambil, anda bisa mendaftar secara online atau di kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat dengan membawa persyaratan yang berlaku.

Bicara soal pendaftaran, bagi peserta yang ingin mendaftar dalam program jaminan kesehatan bpjs maka yang bersangkutan (dalam hal ini kepala rumah tangga) harus mendaftarkan semua anggota keluarga nya yang tertera pada 1 kartu keluarga, tidak bisa mendaftar salah satu saja, hal ini yang banyak ditanyakan apakah bisa daftar bpjs tanpa seluruh anggota keluarga dalam KK.

Daftar BPJS Tanpa Seluruh Keluarga

Daftar BPJS Tanpa Seluruh Keluarga

Jika dalam KK ada 4 Orang (Bapak, Ibu, 2 Anak) maka ke-4 kepala yang ada dalam KK harus didaftarkan tak terkecuali orang yang numpang dalam KK, seperti saudara atau yang lainnya yang tinggal bersama anda. Sehingga 4 orang diwajibkan membayar iuran peserta setiap bulan berdasarkan kelas yang di ambil.

Jika memang dirasa tidak mampu untuk mendaftarkan seluruh keluarga karena keberatan akan besar nya iuran, maka anda bisa mengajukan PBI (Penerima Bantuan Iuran) dari Dinas Sosial. Iuran BPJS keluarga anda akan ditanggung oleh Dinas Sosial atau pemerintah daerah setempat. Setelah mendaftar maka kartu BPJS bisa digunakan setelah 14 hari.

Cantoh ketika Mendaftar BPJS Mandiri:

Satu KK harus didaftarkan semua, kalau ada 4 orang seperti yang telah kami sebutkan diatas maka artinya keempatnya harus didaftarkan. Misal ambil kelas 1, maka iuran bulanannya menjadi 4×59.500=Rp238.000,- jadi Kesimpulannya : Tidak Bisa 

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


  1. adetia maulani

    saya mau tanya kk saya kan ada 4 orang. tapi ibu bpk saya punya askes sementara adik saya bpjsnya dari kantor.. kira” saya bisa ga ya bikin bpjs mandiri? soalnya umur saya kan sudah 27thun otomatis askes saya suda dinonaktifkan d kantor bpk saya.. mohon jawabannya?

  2. Abg sy berpisah dengan mantan istrinya. Mereka sdah memiliki satu anak. Sekarang anak mereka ikut KK mantan istri abang sy. Karena mantan istri tidak mau anak mereka ikut KK abang sy lagi. Tapi hingga sekarang abang sy masih membayar bpjs untuk anak Dan juga mantan istrinya. Sekarang abang sy ingin mengeluarkan nama mantan istri dr kartu bpjsnya dan hanya mengcover tanggungan untuk anaknya sj. Tapi anak tersebut sdah berada di KK mantan istri. Bagaimana pengurusan Dan perhitungannya ?

  3. Saya pakai BPJS, kemudian saya menikah namun suami saya tidak terdaftar BPJS. Setelah kami buat KK baru, apakah wajib bagi suami saya untuk buat BPJS?

  4. @Riwayati : Saat ini tidak ada lagi ASKES, peserta Askes secara otomatis termigrasi ke BPJS Kesehatan. Jika anda masih tergabung dalam KK orangtua maka anda bisa didaftarkan oleh Orangtua anda.

  5. @arip : Ketika anda resign dari perusahaan maka anda akan diberi waktu untuk mencari pekerjaan baru dan memindahkan bpjs anda ke pertanggungjawabab perusahaan yg baru.. Sedangkan jika tidak kunjung dapat perkerjaan maka anda bisa mengalihkan status bpjs anda menjadi peserta mandiri, dan itu harus mendaftarkan juga seluruh anggota keluarga dalam kk.

  6. @Eka : Komentar yang masuk setiap harinya cukup banyak, kami akan membantu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang masuk.. Akan tetapi jika pengunjung dapat menjawab maka dipersilahkan utk membantu jawab,.

  7. Harapan saya dengan adanya website panduan BPJS ini, yang mengelola bisa menjawab pertanyaan yang muncul di kolom komentar, sehingga orang-orang yang bertanya bisa terbantu.

  8. Dulu saya punya bpjs dri perusahaan. Setelah keluar bpjs saya nonaktif … cara aktifin lg gmn… dan apa hrus bawa KK dan semua kluarga yg di KK di daftar kan jg.. soal a bpk ibu saya jg blom trdaftar di bpjs… dan klo mu aktifin lg apa hrus di tmpat sesuai KK & KTP.. soal a saya skrang d luar kota…seandai a ngaktifin bpjs d luar kota bisa tidak…. mksh

  9. Dulu sayaa pakai askes karna keduaa orang tua PNS.
    sekarang saya sudah tamat kuliah,apakah askes bisa di perpanjang?atau saya pindah ke bpjs?

    pindah ke bpjs ini,apa saya bisa mendaftar sendiri saja?
    karna kedua orang tuaa sudah ada askes/bpjs nya.

    dan untuk membuat bpjs ini apa saya masih bisa ikut ke ayah saya spt askes atau saya bayar pribadi kah?

Tinggalkan Komentar