Pesan Menkes: Deteksi Diabetes Sejak Dini Untuk Pencegahan

Deteksi Penyakit Diabetes Sejak Dini

Deteksi Penyakit Diabetes Sejak Dini

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit pembunuh utama yang paling banyak diderita, seseorang menderita penyakit diabetes dikarenakan memiliki pola hidup yang kurang sehat. Maka sebelum diabetes menyerang , maka kita perlu mencegahnya dengan melakukan deteksi dini secara berkala setiap sebulan 1x.

Walaupun diabetes ini bukan termasuk penyakit menular, namun diabetes masuk kedalam jenis penyakit yang paling berbahaya, dengan memeriksakan kesehatan diri sejak dini secara berkala maka kita dapat melakukan pencegahan, jika misal sudah terindikasi gejala – gejalan diabetes, karena belum terlalu berat maka dapat segera di tanggulangi.

Sekitar 90% kasus diabetes yang menyerang kebanyakan orang adalah tipe-2 yang disebabkan karena faktor gaya hidup yang tidak sehat. Menurut Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek : Beberapa gaya hidup tidak sehat yang dapat menyebabkan risiko pada penyakit Diabetes, antara lain kegemukan atau obesitas. Selain itu kurang aktivitas fisik dan diet kurang sehat.

Baca Juga : Diabetes di tanggung BPJS Kesehatan

Memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalori tinggi, garam, lemak jenuh dan gula, serta rendah serat cenderung lebih mudah mengalami peningkatan berat badan yang meningkatkan risiko penyakit diabetes datang. Sebeum kita tekena diabetes yang lebih serius maka periksakan diri agar dapat melakukan pencegahan dan merubah pola hidup yang lebih sehat.

Riskesdas (2013) juga menyebutkan kurang dari 10 persen masyarakat Indonesia mengonsumsi serat. Selain itu, data hasil Survei Diet Total (SDT, 2014) menyatakan masyarakat Indonesia cenderung mengonsumsi makanan yang tinggi kalori, garam, gula dan lemak jenuh.

Diterbitkan oleh republika.co.id
Pada Minggu, 10 April 2016

Baca Juga : 5 Gejala Diabetes yang harus anda ketahui

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply