Apakah Kartu BPJS Bisa digunakan di Kota Lain ?

Berobat Luar Wilayah Domisili Dengan BPJS Kesehatan

berobat bpjs di kota lain

Salah seorang peserta mengirim pesan kepada kami melalui email, isi pesan tersebut intinya menanyakan apakah kartu bpjs dapat digunakan dikota lain? maksudnya adalah apakah bisa digunakan di seluruh Indonesia.

Misal BPJS anda terdaftar di Kota Jakarta dan kebetulan sedang pergi ke Surabaya, ketika itu mengalami sakit paru2 basah dan ingin berobat menggunakan BPJS apakah bpjs bisa digunakan di Surabaya?

Kami akan membantu menjelaskan apa yang telah kami dapatkan dari BPJS Kesehatan mengenai berobat di luar kota.

Hal ini masuk kedalam kategori berobat jalan dan gawat darurat.

Jika memang seorang peserta BPJS Kesehatan sedang bepergian dan ternyata mengalami gangguan kesehatan (Sakit) , maka silahkan berobat ke faskesĀ 1 yang bekerjasama dengan BPJS tapi peserta hanya dibisa berobat 1 kali pengobatan saja dalam 1 bulan.

Akan tetapi jika seorang peserta pindah Domisili maka lebih baik anda melaporkan ke Kantor BPJS Kesehatan untuk diperbaharui status keanggotaannya ketempat yang baru.

Ada beberapa poin yang dapat harus anda ketahui untuk bisa menggunakan kartu BPJS di Kota lain, yang pada dasarnya Kartu BPJS Berlaku diseluruh Indonesia jika kondisinya dalam keadaan Gawat Darurat.

Gawat Darurat yang dimaksudkan adalah Jika tidak segera ditangani maka peserta akan mengalami kematian atau kecacatan, maka jika dampat tersebut yang kemungkinan terjadi maka peserta BPJS dapat berobat ke rumah sakit yang telah bekerja sama dengan BPJS, namun berobatnya dibatasi yaitu 1 kali dalam sebulan.

Bagi anda yang tidak menetap di suatu kota dan ternyata sakit, maka bisa berobat ke faskes 1 terdekat.

Tentunya anda tidak ujuk – ujuk berobat ke faskes tersebut, anda perlu lapor terlebih dahulu ke kantor cabang bpjs terdekat untuk meminta surat berobat dan berlaku 1 kali berobat di faskes pertama, bukan faskes tingkat lanjut (rumah sakit).

Adapun untuk ditanggung atau tidak biaya pengobatan yang dilakukan itu harus memenuhi prosedur yang berlaku. Maka untuk lebih amannya, jika memang anda berenana pindah domisili maka bisa melakukan pindah faskes sebelum anda pergi meninggalkan wilayah domisili.

Dalam hal ini peserta yang sedang berada di luar wilayah domisilinya dan memerlukan pengobatan maka peserta dapat mengakses pelayanan di TKTP terdekat denagn ketentuan yang berlaku.


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI

26 COMMENTS

  1. Teman saya melahirkan di Macau dia wni kebetulan kerja di sana , melahirkan gratis tanpa iuran akta lahir pun di buatkan dr rs di sana, pokoknya enak tinggal di sana katanya ,

  2. Sedih bgt dengan sistemnya untuk apa ada internet kan seharusnya bisa online, kmarin saya berobat dipuskesmas Dan bayar karena tidak sesuai domisili.
    Meskipun tidak Mahal tetapi sedih saja mendengar penjelasan “bagi warga sini saja gratis” (padahal sama2 warga indonesia Dan saya bayar iuran juga).

  3. Ini aturan goblok .. sya bikin atm di jakarta .. saua sedang butuh uang di surabaya .. hanya boleh ambil sekali saja .. klo mau ambil harus lapor bank lg .. itu kan goblok sekali

  4. Saya orang indonesia berobat di malaysia gratiiiiiiis gak usah bayar iuran tiap bulan ….. pendaftaran aja cuma bayar 1 ringgit alias 3 rebu rupiah masuk hospital rawat sampai 1 bln tinggal di hospital karena uri saya di bawah jadi waktu melahirkan cesar alhamdulillah tidak banyak keluar duit terima kasih malaysia

  5. cb di beri kemudahan bg perantau yg mnggunkan bpjs ..krna perantau kn gk selalu di tmpat bs brpndh pndh …….jd br kmdahan untuk bs mnggunkn bpjs tnpa ribet ngurus ini itu nya ……maksii

  6. Orang yg sudah sekarat harus melapor ke kantodkantor bpjs dulu? Duhhhhh duhhh….mohon dipikirkan. IRONISSS

  7. Ternyata bpjs bener ribet ya..katanya berlaku seluruh indonesia.tapi giliran kita mau gunain diluar kota ada prosedurnya pindah jiwa segala

  8. Dalam aturan yang dikeluarkan BPJS, bisa kok mbak cuma ada TAPI nya. Harus dalam keadaan darurat (EMERGENCY). Seperti apa sih keadaan emergency itu? coba search di google dengan key word “kriteria emergency bpjs”

  9. wow… ribey bgt BPJS. sangat PR sekali pemerintah untuk dapat memberikan pekayanan maksimal. mustinya sih BPJS bisa tercover seindonesia. ini pake birokrasi surat2 segala. ampun dehhh…

  10. Assalamualikum..
    Ibu saya berdomisili pasaman sum-bar lg sakit keras paru,, rencana kami ingin memindahkan brobat dijakarta karna tak ada perubahan setelah seminggu dirawat di RSUD daerah sana, apakah bpjs ibu saya bisa digunakan dijakarta? Atau sebaik nya dipindah bpjs jd domisili jakarta? Apa saja yg harus dibawa persyaratannya,, dan seperti keterangan diatas klw mau pindah bpjs jakarta harus nunggu 3 bulan dr mulai terdaftar di faskes 1 bagaimana nasib ibu saya menunggu selama itu.. Mohon dijelaskan?? Dan saya minta saran nya untuk terjaminya brobat ibu saya selama dijakarta?? Terima kasih atas bantuannya

  11. Siang, saya terdaftar di bpjs jakarta barat. Akan tetapi jika saya dalam keadaan darurat ada di daerah jakarta selatan. Apakah bisa saya lgsg k IGD RS jakarta selatan? Terima kasih, di tunggu jawabannya..

  12. Assalamualaikum. Wr. WB
    Saya mau tnya BPJS saya kan pakek alamat surabaya trus rencana mau melahirkan di desa apakah bsa BPJS di gunakan? Tolong d-i beri penjelasan

  13. Selamat siang, saya yayan,,kebetulan saya bekerja di sebuah perusahaan yang memiliki cabang di daerah balaraja, sedangkan perusahaan pusatnya di daerah Ancol. nah ada rekan saya, rekan saya ini bagian teknik, dia kebetulan dapat tugas untuk ke perusahaan cabang di Balaraja beberapa hari, sementara kartu bpjs kesehatannya terdaftar di daaerah ancol dan memang dia karyawan untuk perusahaan yang di ancol. nah kemarin kebetulan rekan saya ini sakit, dan berobat di faskes tk II (RSUD Balaraja) dan ternyata memang setelah didiagnosa harus dirawat. jika dilihat dari prosedur yang telah dijelaskan mengenai prosedur penggunaan kartu bpjs di luar kota domisili kan seperti itu, namun kondisi rekan saya mengharuskan dirawat, namun pihak RSUD tidak bisa menerima kartu BPJS kesehatan,,dan meminta rujukan dari faskes 1 dr domisi yg bersangkutan,,namun faskes tk 1 tidak mau mengeluarkan surat rujukan.solusinya bagaimana ya?kalau memang tidak bisa,berarti bpjs tidak mempermudah,terima kasih

  14. @tika : Untuk pertanggungan biaya persalinan disesuaikan dengan jenis persalinan normal atau caesar dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku… Anda bisa menggunakan jaminan bpjs di luar daerah,, anda harus mengikuti prosedur berobat di daerah lain… Baca Juga : berobat di luar kota

  15. Apa bpjs bisa mengcover biaya persalinan dan apa bisa dipindahkan ke daerah lain , misalkan saya ditangerang dan saya mau melahirkan di serang banten bisa tidak?

  16. Assalamualaikum , asli saya lamongan keseharian kerja di surabaya, saya pengen daftar bpjs di surabaya bisa?jika bisa syaratnya apa, mengingat aktivitas 90% di sby

    Pertanyaan ke 2
    Seluruh orang dalam kk keluarga saya kan dapat kartu indonesia sehat hanya saya saja yang tidak dapat, apa pas daftar bpjs saya perlu daftar kan mereka semua,kalau konteks seperti ini cara daftarnya gimana?dengan asumsi sama seperti di atas,asli lamongan ingin daftar bpjs di sby

    Terima kasih di tunggu balasannya

  17. Bila saya berdomisili di blitar, bpjs saya ikut faskes blitar. Tp saya bekerja di sby. Bagaimana saya bisa menggunakan bpjs saya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.