Apa itu Faskes 1 BPJS Kesehatan ?

puskesmas surabaya

Apakah itu yang dimaksud dengan Faskes 1 pada BPJS Kesehatan ? , Dalam Program Jaminan Kesehatan BPJS Kesehatan, telah ditetapkan prosedur berobat dengan sistem rujukan berjenjang, dimana para peserta yang mengalami gangguan kesehatan dapat berobat terlebih dahulu ke faskes 1 yang telah tertera pada masing – masing kartu anggota. Faskes yang ditulis merupakan faskes yang terdekat dengan tempat tinggal peserta.

Bicara soal faskes, mungkin masih ada peserta yang belum faham dan belum mengerti apa itu faskes 1? Faskes adalah sebuah singkatan dari Fasilitas Kesehatan, sedangkan 1 adalah tingkat pertama. Jadi Faskes I artinya : Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, menjadi tempat pertama yang harus didatangi peserta jika ingin berobat, jika ternyata faskes 1 tidak sanggup baik dari segi sdm maupun peralatan medis maka peserta akan dirujuk ke Faskes lanjutan.

Faskes 1 juga disebut sebagai PPK 1 yaitu Kependekan dari Pemberi Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama. Berdasarkan Permenkes nomor 71 tahun 2013 telah ditetapkan bahwa yang masuk kedalam kategori PPK 1 atau Faskes 1 adalah :

  • Puskesmas atau Setara
  • Praktik Dokter
  • Praktek Dokter Gigi
  • Klinik Pertama atau Setara
  • Rumah Sakit Kelas D Pratama

Rumah Sakit Kelas D Pratama masuk kedalam kategori Faskes 1 berdasarkan daftar aplikasi yang dapat dilihat langsung di halaman website BPJS-Kesehatan.go.id . RS tipe D Pratama (tanpa dokter spesialis) biasanya merupakan peningkatan dari puskesmas dengan tempat perawatan, tergantung dari MoU dengan BPJS Kesehatan , RS D Pratama bisa masuk ke Faskes 1 atau Faskes 2.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply