Menurut MUI, BPJS Kesehatan tidak Haram

Sebelumnya pada Bulan Juli 2015 sempat dikabarkan bahwa program BPJS Kesehatan yang dibuat oleh Pemerintah masuk kedalam label “Haram”. Namun kemudian pada Agustus 2015, telah diadakan sebuah rapat khusus yang mengkaji kehalalan program bantuan atau jaminan sosial BPJS Kesehatan untuk memutuskan , Apakah BPJS itu Halal atau Haram ?

Hadir dalam rapat tersebut dari beberapa Unsur seperti BPJS Kesehatan selaku pengelola atau penyelenggara, MUI selaku pemberi keputusan label Haram atau Halal suatu produk, program atau lainnya berdasarkan Hukum Islam, DJSN dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) – Non-Bank .

Kantor BPJS Kesehatan

Kantor BPJS Kesehatan

Pada Selasa, 4 Agustus 2015 dilangsungkan Jumpa Pers untuk mengumumkan hasil keputusan dari Rapat Bersama, yaitu menyatakan bahwa MUI dan peserta yang lainnya telah memutuskan bahwa proses serta tindakan program BPJS tidak ada kata “HARAM”.

Masyarakat dapat tetap mendaftar untuk mengikuti dan melanjutkan program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan BPJS Kesehatan. Dan akan terus tetap dikaji nilai – nilai syariah pada BPJS Kesehatan untuk menjadi lebih sempurna untuk memfasilitasi masyarakat yang memilih program sesuai dengan syariah..

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram pada BPJS terkait indikator bunga, dan mengusulkan untuk mengadakan BPJS kesehatan syariah pada pemerintah.Sementara itu Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris mengatakan hingga saat ini BPJS Kesehatan masih menjadi satu kesatuan, sebelum adanya putusan dari tim bersama.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply