Cara Cek Status Aktif atau Belum Kartu BPJS Kesehatan

Ketika anda baru pertama kali mendaftar BPJS Kesehatan baik Online maupun langsung datang ke Kantor BPJS, maka akun anda akan aktif pada hari ke 14 sejak pendaftaran, dan anda langsung membayar iuran pertama terlebih dahulu. Pembayaran iuran pertama bisa dilakukan menggunakan Bank yang telah ditunjuk atau bisa melalui minimarket yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan (Indomaret atau Alfamart).

Terkadang seorang peserta masih banyak yang bertanya apakah status keanggotaan nya telah aktif atau belum. Jika anda sudah membayar iuran bpjs pertama maka disitu sudah terlihat bahwa akun anda telah aktif , karena sudah muncul tagihan iuran yang harus dibayarkan. Untuk lebih jelasnya anda bisa cek sendiri secara manual.

Memang kita perlu memastikan apakah kartu bpjs kita benar – benar sudah aktif, karena di khawatirkan ketika berobat dan ingin menggunakan kartu BPJS ternyata keanggotaannya belum aktif, dengan begitu maka tidak bisa menggunakan layanan BPJS Kesehatan, maka dari itu perlu kita memastikan status keanggotaan BPJS.

Untuk cek status aktif atau tidak nya kartu BPJS bisa melalui SMS Gateway atau datang ke kantor BPJS Kesehatan . Adapun langkah – langkah cek status kartu bpjs melalui SMS Gateway sebagai berikut : 

NOKA<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN

Contoh       : NOKA 0001260979209

Kirim ke      : 087775500400

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Sebelumnya saya mendapatkan kartu BPJS di Perusahaan lama untuk saya, istri dan anak saya, BPJS tersebut dibayar oleh perusahaan, saat ini saya sudah tidak bekerja pada perushaan tersebut namun saya pindah ke perusahaan lain, namun diperusahaan ini saya tidak dapat fasilitas BPJS, bagaimana saya harus membayar iuran BPJS dan tetap bisa menggunakan fasilitas BPJS ?

  2. mo tnya sya peserta bpjs ppu,dikrtu sya cuma ad no kartu sja, tpi tidk ada no nik gimana cra mngurusnya soalny di rs rujukan di minta hrus ad nik ny.mohon bntuany tks.

  3. Saya daftarkan ibu saya bpjs tapi kenapa kok gak aktif pas mau di pakai berobat.saya datang ke puskesmas minta di aktifkan kenapa di di puskesmas gak bisa saya harus kemana minta di aktifkan kartu ibu saya terima kasih

  4. BPJS Balikpapan hanya melayani warga hingga jam 12 siang… Selebihnya? Apakah memang seperti itu yang seharusnya..?

  5. Mau tanya saya peserta bpjs ppu dan sudah tidak bekerja lg atau hbis kontrak..bagaimana cara cek bpjs kesehatan aktif atau tidaknya..atau ada tunggakan tidaknya

  6. Saya ada telat bayar 7 bln dan lgs saya lunasi di alfamart bln agustus,, dan bulan berikutnya tgl 2 september sy bayar kembali.
    Saat itu saya sudah sering ke RS untuk kontrol jadwal operasi,, setelah sy di rawat inap, administrasi RS bilang data saya terkunci. Dan harus di aktifkan kembali.
    Yg jd pertanyaan selama akhir bulan agstus sampai september ini sy menggunakan bpjs, saat ke bag informasi untuk mengecek bpjs,, tidak ada masalah jd sy lgs rawat inap, tp kenapa setelah di rawat inap data sy tidak aktif ????

  7. Dalam satu kk ada salah satu (anak )yg sudah punya bpjs kesehatan karna bekerja di sebuah perusahaan. Nah ini mau mendaftar kan anggota keluarga lain dalam satu kk (ibu), apakah nanti sang anak punya bpjs double? Atau cukup ibu saja?
    Terimakasih .

  8. posisi yg bersangkutan sebagai anggauta berlainan kota dengan faskes1 dikarenakan tugas pekerjaan….. bisakah kita mendapatkan pelayanan di kota dimana kita tinggal sementara itu ? khususnya dalam keadaan emergency

  9. Saya mau tanya.. kan dulu saya buat kartu bpjs dari jalur mandiri dan perusahaan juga menyuruh untuk membuat kartu bpjs tapi sekarang kartu bpjs perusahaan saya sudah tidak di bayarkan 2 bulan lalu.. apa bisa saya pakai kartu bpjs mandiri lagi ? Atau gimana ?

  10. Tri shinta Dewi

    Saya sekeluarga sudah membayar tagihan untuk bulan september 2016 pada tanggal 5 lewat indomaret, tapi kenapa waktu saya mau bayar calon bayi tagihan keluarga saya semua muncul lagi katanya ada tunggakan. Padahal saya cek online ada tanggal pembayaran terakhir tanggal 5. Akhirnya calon bayi belum bisa dibayar karena ada tunggakan. Saya komplain karena saya sudah membayar

  11. saya baru mendaftarkan BPJS untuk kakak saya. Saat ini saya sedang menunggu waktu untuk dapat melakukan pembayaran iurang pertama BPJS atas nama kakak saya tersebut. BPJS untuk kakak saya tersebut didaftarkan di wilayah sesuai dengan kartu keluarga yaitu di wilayah Jakarta Selatan, sedangkan kakak saya tersebut saat ini bertempat tinggal di Bali. Apakah kartu BPJS tersebut dapat secara otomatis digunakan suatu saat di Bali? Persyaratan apa yang harus dilengkapi apabila BPJS tersebut sudah aktif dan akan dipergunakan di salah satu rumah sakit di Bali?
    Terima kasih atas perhatian dan jawaban yang diberikan.

    Salam,
    Nova

    • @Nova : Kakak anda harus meminta surat dari BPJS di Bali untuk bisa berobat di faskes wilayah tersebut… Untuk berobat ke rumah sakit, harus mendapatkan surat rujukan dari faskes 1.

  12. Saya tadi pagi ke kantornya BPJS untuk mengaktifkan kembali kartu BPJS ibu saya yg menunggak selama 6 bulan , kemudian saya di suruh ke Bank BTN untuk pembacanya tapi setelah sampai di bank data ibu saya kosong di komputer nya hanya tanda tanya.. apa yg harus saya lakukan?

      • Bolehkah saya membuat kartu BPJS yg baru bila kartu BPJS yg lama sudah di nonaktifkan karena menunggak iuran 6 bulan?

        • @Marya : Setiap orang hanya bisa memiliki dan mendaftar bpjs 1 kali sesuai dengan NIK KTP, jika anda menunggak iuran 6 bulan maka anda tidak bisa daftar ulang yang baru, tapi anda harus melunasi tunggakan tersebut agar bisa menggunakan layanan jaminan kesehatan dari BPJS

  13. Mau tanya mengenai BPJS istri saya yang sudah bayar, akan tetapi di RS kami harus melunasi pembayaran BPJS yg terdapat di KK keluarga istri saya terlebih dahulu agar BPJS istri saya dapat dipergunakan? dikarenakan KK kami dalam proses pindah KK(baru menikah). Mohon informasinya apa bener ada aturan BPJS seperti itu?

  14. Saya pendaftar baru bpjs, sudah membuat acc virtual di kntor bpjs. Saat ini saya harusnya melakukan pembayaran pertama, namun acc virtual saya hilang. Sedangkan saya berada di kota lain jd ngk bs ke kantor bpjs yang sama lagi. Bagaimana cara saya mencek acc virtual saya agar dpt melakukan pembayaran pertama ya?

  15. Kemarin siang saya bayar BPJSnya untuk bulan agustus. Trus malamnya saya ke klinik, trus kartunya dicek katanya tidak aktif. Itu gimana?

  16. Kok bpjs anak sy gk bisa di pakai(lag)ya.? Ket komputer di puskesmas,premi tdk di tanguh. Pdahal anak sy non premi?

Leave a Reply