Pindah Status Kepesertaan BPJS dari Perusahaan ke Perorangan Mandiri

Dalam program BPJS Kesehatan, peserta diatur berdasarkan undang – undang termasuk penetapan faskes dan kelas yang dapat dipilih oleh peserta. Peserta dapat mendaftar secara mandiri / perorangan (Pekerja Bukan Penerima Upah) bisa juga langsung didaftarkan melalui perusahaan tempat dimana mereka bekerja (Pekerja Penerima Upah).

Adapun bagi peserta yang mendaftar melalui jalur mandiri atau perorangan mereka membayar sendiri iuran bpjs berdasarkan kelas yang dipilih. Namun bagi peserta yang mendaftar atau didaftarkan melalui perusahaan mereka tidak perlu lagi membayar iuran bpjs, karena iuran sudah ditanggung sepenuhnya oleh perusahaan, tapi ada juga perusahaan yang menanggung 50% saja dari iuran nya.

Nah, banyak pertanyaan kepada kami mengenai bagaimana cara pindah status bpjs dari perusahaan ke perorangan atau dari Pekerja penerima Upah ke Mandiri atau perorangan. Karena banya kejadian seorang karyawan di pecat atau mereka mengundurkan diri dari pekerjaannya, maka secara tidak langsung status bpjsnya harus di rumah ke jalur mandiri.

Untuk merubah jalur mandiri bisa dilakukan secara offline dengan cara datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan atau Ketenagakerjaan terdekat untuk mengajukan perubahan status dari perusahaan ke perorangan (mandiri). Lengkapi persyaratannya berupa Kartu identitas, kartu keluarga, Buku Tabungan, Foto 3×4 dan kartu peserta BPJS yang anda miliki saat ini. Tunggu proses selesai, setelah selesai anda dapat membayar iuran bpjs sendiri.

Cara Bayar Iuran BPJS Mandiri :

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Aji Bhakti Rachman

    saya mau tanya..
    sblumnya bpjs saya sudah terdaftar dari perusahaan ayah saya dengan kelas 1..
    setalah sya kerja trnyata didaftarin oleh HRDnya perusahaan saya..
    BPJS saya trnyata dimutasi ke perusahaan saya dengan kelas 2..
    pertanyaannya bisa kah saya balik lagi ke BPJS perusahaan ayah saya dengan kelas 1?
    terimah kasih

  2. saya ingin bertanya, ada pembagian bpjs ketenagakerjaan d perusahaan saya , tetapi saya tidak dapat bpjs tersebut , d karenakan saya sudah mempunyai bpjs mandiri (perorangan) , dan saya di suruh untuk memutuskan (menonaktifkan) bpjs mandiri (perorangan) tersebut , dan bagaimana proses yang benar untuk memutuskan bpjs mandiri (perorangan) tersebut ???? kalau ada contoh , tolong d informasikan , terima kasih

  3. Saya kan bpjsnya terdaftar diprusahaan dan sampai saat ini masih dibayar oleh perusahaan nah ketika saya mau bayar bpjs ibu saya knp saya harus bayar semua anggota keluarga saya padahal sebelumnya saya selama ini bayarnya punya ibu saya aj pertanyaan saya adalah knp saya harus bayar nama saya 2kali padahal perusahaan dah bayar atas nama saya

  4. Saya sudah terdaftar di bpjs ketenagakerjaan dan setelah menikah saya mau daftarkan istri diperusahaan juga,tetapi tidak bisa karena saya masih punya dua bpjs satu dari pemerintah perusahaan.padahal sebelum menikah sudah dicabut bpjs dari pemerintah namun setelah saya konfirmasi lama nya proses masih 6bulan,sedangksn kartu nya sudah dekat untuk digunaksn istri saya.kalo saya yang nonaktifkan dari perusahaan dan saya aktf kan kembali bpjs pemerintah apakah selama itu juga

  5. Bagaimana cara memindahkan BPJS kesehatan telah dibuat diperusahaan lama dan misalnya sudah pindah ke perusahaan baru

  6. sy mau pinda kepesertaan dari bpjs mandiri ke bpjs perusahaan, dan sy sdh menyerahkan segala syarat yg di perlukan ke perusahaan, tetapi blm bisa diproses, katanya sy harus minta surat pengunduran diri dari bpjs mandiri. pertanyaannya, apa benar surat tersebut harus ada, atau bisa secara totomatis pindah kepesertaan tanpa adanya surat tersebut?

  7. sudah resign dari perusahaan yg lama 6 bulan lalu, dan baru mau mengurus bpjs mandiri, syaratnya apa? dan apakah harus melunasi tagihan yg 6 bulan sebelumnya? thx

  8. siti komariah

    saya mau daftar bpjs secara online tpi sebelumnya saya adalh pekerja yg sudah brhnti ..d kolom pendaftaran tsb ada kolom nmer peserta yg harus d isi sedngkan kartu yg lama sudah hilang..bgaimna cara lihat nmer kepsertaan bpjs itu..terimakasih

  9. caranya untuk rubah BPJS ke kelas 2 gmna ya?masalahnya suami saya tni tapi KK dan Ktp sya belum selesai nunggu 1bulan kedepan

  10. kemarin saya coba ke kantor bpjs terdekat dg maksud mau merubah status ke bpjs mandiri krn sy sdh keluar pd bln juli kmarin
    tetapi kata petugas kartu bpjs yg lama harus di non aktifkan dulu
    apakah betul sprti itu??

  11. Saya mau tanya , kan tdi saya kekantor bpjs kesehatan tdinya saya ingin perubahan faskes tpi , kata mbanya saya harus mutasi,dri perusahaan keperorangan , nah sya disuruh ke tmpat bagian pengaduan tentang masalah ini , saya di beri tahu kalau oleh bagian pengaduan kalo memang mba mau bayar perorangan mba harus mutasi dulu, tpi saya setelah keluar dri perusahaan saya bayar mba tiap bulannya”ucap saya” , kata mbanya iya memang ibu bayar tpi ini masih ada ko saldo ibu , nah terus saya harus gmna mba , kta mbanya ibu besok ke bagian penambahan anggota , nanti ibu bwa persyaratannya ini”lah “katanya” , terus sya tanya ,kalo gitu uang saya gmna mba yg tdi masih ada itu , itu uangnya nanti untuk pembayaran september bu , besok ibu byar bulan agustus saja , buat bulan september pengurangan dri saldo ibu yg ada tdi , yg jdi pertanyaan ,bulan juli juni smpai maret itu apa saya sudah byar atau gimana karna saya kelua dri perusahaan bulam februari . Mhon dibantu ?

  12. kalau bpjs yg dri perusahaan sdh tidak aktif mw diaktifkan tapi ganti mandiri apa harus membayar selama masa tidak aktif atau tidak ?
    apa bisa kita membuat saja yg baru

  13. Mau nanya, saya punya kartu BPJS perusahaan di Jakarta. Sekarang saya sudah resign dan pindah ke Bekasi. Alamat KTP Jakarta. Perusahaan tempat saya bekerja sudah 5 bulan tidak bayar BPJS walaupun gaji tetap dipotong. Saya mau pindah BPJS dari Jakarta ke Bekas dengan BPJS perorangani.
    Pertanyaan saya :
    1. Kantor BPJS mana saya harus datangi Jakarta atau Bekasi?
    2. Dengan kondisi pembayaran yang sudah nunggak 5 bulan apakah bisa dan tidak ada masalah jika saya pindah status dari Perusahaan ke perorangan? Jika tidak ada masalah bagaimana dengan pembayaran apakah tunggakan 5 bulan harus saya yang bayar atau saya hanya membayar kelanjutannya saja, misalnya saya ngurus dan selesai di bulan Juli maka saya hanya mulai bayar di bulan Juli saja?
    3. Persyaratan dokumen apa saja yang harus saya bawa?
    Terimakasih.

  14. eka desi elfiani

    Pagi adm saya mau tanya saya sudah habis kontrak dr pt sy yg di bekasi kebetulan sy skg pulang ke kampung sy di palembang apa bisa saya pindah alih bpjs kesehatan saya di palembang? Syaratnya apa ?

  15. saya mau tanya kalo saya mau pindah dari tanggungan di kantor orgtua mnjadi peserta di kantor saya, apakah perlu dinon aktifkan dlu di kantor orgtua saya atau perlu surat pernyataan ?

  16. Bagaimana kepesertaan bpjs kesehatan yang pembayarannya distop oleh perjsahaan karena masih dalm proses phk di pengadilan

  17. Mhn pencerahan..
    Sy peserta bpjs ppu, istri sy jg peserta ppu.
    Pakah istri sy boleh sy masukkan ke tanggungan keluarga saya..
    Trims

  18. Mau pindah dari jamkesmas atau bpjs pemerintah ke perusahaan di dinas sosial katanya nonaktif kepersetaannya lama,tu kenapa ya,..?

  19. mohon bantuannya, bagaimana sistem pembayaran premi bila kita memiliki kartu bpjs kesehatan dari perusahaan orang tua bekerja kemudian juga membayar dari perusahaan tempat kita bekerja.

  20. Mohon untuk rubah status kepertaan dari perusahaan ke individu bisa lebih dipermudah syaratnya, tidak harus registrasi seperti pendaftaran baru. Yang mana sebelum ke perusahaan juga sudah daftar sebagai indivu, dan setelah dimasukkan ke perusahaan kemudian setelahnya keluar harus registrasi seperti pendaftaran baru. padahal data juga sama tidak ada perubahan, kalau ada hal yang mudah kenapa harus dipersusah dengan tumpukan berkas2 administrasi yang mana juga akan memperlambat kinerja personil adminnya. Menurut saya tinggal ditunjukkan kartunya dan mengisi pernyataan mungkin sudah cukup. Semoga bisa menjadi perhatian

  21. Semoga informasiku bermanfaat

    Untuk peserta yg ingin pindah faskes dari luar kota bandung dengan ktp atau kk luar bandung anda harus mempersiapkan surat domisili/ surat keterangan tinggal anda di bandung dari rt/rw setempat, supaya anda bisa memilih faskes yg berada di bandung…

  22. Semoga informasiku bermanfaat

    Tadi saya ke bpjs KCU Bandung yg di jl pelajar pejuang untuk mengurus kepindahan peserta dari perusahaan ke mandiri, gak ribet ko kebetulan tadi gak terlalu padat jadi 30 menit pun beres. Anda tidak perlu mendaftar baru karna data anda sudah terdaftar sebelumnya, anda hanya perlu mengaktifkan nya saja namun sebagai peserta mandiri. Karna kepesertaan lama anda sudah di nonaktifkan oleh perusahaan. Anda tidak perlu menunggu 14 hari untuk pengaktifan, pada hari itu jg anda akan di beri resi untuk membayar tagihan selama 1 bulan saja agar kartu dapat aktif dan di gunakan berobat. Dokumen yg perlu di bawa fotocopy KTP, KK, kartu bpjs sebelumnya, surat keterangan kerja perusahaan sebelumnya/packelaring. Jangan lupa banyak bertanya ke satpam disana ya untuk kepindahan peserta prosesnya ada di loket 6 dan 7, jangan salah mengantri di loket pendaftaran baru. Setelah dri loket 6 atau 7 selanjutnya ke loket 4 atau 5 yg akan dipanggil sesuai no antrian. Tadi saya jg sempat salah antri 🙂

  23. saya sudah resign dari perusahaan sekitar 1 tahun yang lalu. nah, sekarang saya mau baru proses pemindahan dari perusahaan ke mandiri.
    apakah jeda 1 tahun itu menjadi tunggakan yang harus dibayar atau bagaimana?…atau mulai dari nol lagi?…trims.

  24. jhonny moningka

    saya ingin mendaftarkan istri saya dari bpjs mandiri menjadi tanggungan saya, karna saya seorang pns, tetapi belum bisa daftar karna saya harus melunasi dulu iuran dan denda bpjs mandiri istri saya dari bulan desember 2015 sampai mei 2016.
    kronologis: saya menikah bulan desember 2015, kemudian istri masuk tanggungan saya bulan maret 2016 yg otomatis juga bpjs sudah ditanggung di gaji saya. bulan mei 2016 saya mendaftarkan istri saya pindah dari bpjs mandiri menjadi tanggungan saya karena kartu keluarga baru terbit bulan mei 2016, tetapi belum bisa, karena saya harus melunasi dulu iuran dan denda dari desember 2015 sampai mei 2016.
    apakah bisa mendaftarkan istri saya menjadi tanggungan saya hanya dengan menbayar iuran desember sampai februari, karna mulai maret sudah menjadi tanggungan dan di potong di gaji saya? terima kasih

  25. kalau sudah tidak bekerja lagi diperusahaan dan kontrak kerja saya habis dan tidak saya perpanjang,terus bpjs kesehatan saya masi aktif kah ?

  26. Sy pnya bpjs kesehatan mandiri dan telah 5bulan gak bayar dan skrang sy bkerja di perusaan baru. Perusaan bilang bpjs sy tidak bisa di proses kenapa ya…

  27. Saya senasib ama agan di atas. Mau pindah status aja (dari perusahaan ke mandiri) mesti daftar lagi dari awal. Lha wong datanya udah ada di sana & sama persis, kartu jg udah ada, ngapain mesti daftar lagi pake isi formulir segala? Mana antriannya sekampung. Sistemnya masih payah nih! Belajar donk ama instansi lain yg pelayanannya udah bagus.

    • Anda tidak diminta untuk daftar dari Awal… Hanya pindah status aja dari Perusahaan ke Mandiri… Data itu hanya untuk bukti fisik bahwa perubahan atas dasar permintaan dari ybs…

      • Ya tetap aja langkah2nya sama aja kaya orang yg baru daftar. Di kantor BPJS itu ga ada loket/meja informasi, jd sy bingung mau mulai dari mana. Jd saya ngantri aja di loket update data. Udh ngantri lama & sampai meja, ama petugasnya cuma dibilang mesti ke loket pendaftaran baru. Nah itu kan antriannya lebih panjang, padahal sy cuma mau ubah status (bayangan sy, di sistemnya cuma tinggal klik ubah status aja di data2 sy). Jd antriannya jgn disamakan dgn yg daftar baru. Klo cuma syarat bukti permintaan ybs, kan tinggal tunjukin ktp asli/fcopy & kartu bpjs, tanda tangan, selesai. Kita ini kan niat ngurus biar ga telat bayar, biar ga kena denda dll, tp malah ribet.

        Btw, web ini siapa yg ngelola?bukan bpjs resmi ya? Kayanya sy salah tempat komplain di sini.

  28. saya akan melahirkan .nah sebelum nya saya punya bpjs kesehatan dari perusahaan tetapi saya sudah resign selama 8 bulan jika saya ingin mengaktfkn kembali bisa langsung k kantor bpjs ??dan apakah bisa langsung di pakai untuk lahiran ??

  29. Jikalau pindah perusahaan tempat bekerja, apa yang perlu kita lakukan agar bpjs ketenagakerjaan dan kesehatan bisa aktif diperusahaan yang baru

    • Bisa kok, langsung saja datang ke Kantor BPJS Kesehatan untuk mendaftar Peserta Mandiri..
      Bilang saja sebelumnya sudah pernah punya kartu peserta PPU, tapi sekarang sudah di pecat..

  30. Bagaimana prosedur yang seharusnya dilakukan apabila sy ingin merubah status pembayaran BPJS sy dari Perusahaan menjadi Pembayaran perorangan ?
    Berkas yang harus di persiapkan apakah sama seperti melakukan pendaftaran baru untuk peserta BPJS ? jika tidak sama maka berkas apa saja yang harus di persiapkan ?
    Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses pengalihan BPJS dari Perusahaan menjadi Perorangan dan apakah harus langsung di lakukan pembayaran terlebih dahulu pada saat itu ?
    Jam Operasional untuk pelayanan dari kantor BPJS di mulai dari jam brp sampai jam brp ?
    Mohon pencerahannya dari Admin BPJS ^-^. Thanks.

  31. kalo pindah keanggotaan dari yg sebelumnya ditanggung pemerintah menjadi bpjs mandiri apa sama prosesnya dengan yg daftar baru?

  32. Saya mau bertanya
    Saya ingin mencairkan jamsostek saya di karenakan butuh dana untuk suntik pasca operasi yg tdk d kofer bpjs & lumaya mahal se x suntik 700 rb sebnyk 12 bln.
    Tp saat saya ingin mencairkan tetapi kartu sy msh aktif karna ada tunggakan yg blm d setor oleh perusahaan.tetapi stts saya sudah mengunturkan diri & perusahaan bnyk alasan untuk tdk mmbayarkan.sy sudah brbicara dgn bag Hrd…tp sll jawabnya iyaa iyaa iyaa smpai skrng krtu jamjostek sy msh aktif.

    Tolong apa yg harus saya lakukan untuk menon aktifkan kartu jamsostek sy…sedangkan smua syarat2 untuk pencairan sudah lengkapa +ttd & cap dr Depnaker.

    Thx

  33. apakah nanti kalau berubah menjadi mandiri semua nama dalam KK harus di daftarkan ke bpjs? karena sebelumnya hanya saya yg trdaftar di bpjs perusahaan, orang tua dan kakak saya tidak terdaftar lantaran saya belum menikah.

  34. laskar kojek Bandung

    sy td ke kantor bpjs di bandung yg di jalan pelajar pejuang. kata orang bpjs nya saya harus daftar kembali bpjs saya dengan menyertakan syarat2 yg ada diatas tanpa melampirkan kartu bpjs pekerja saya.

    ini namanya daftar baru bukan pindah status dr pekerja ke perorangan.

    • Jika daftar baru dipastikan tidak akan bisa karena nomor KTP atau kependudukan sudah masuk kedalam sistem BPJS.. Silahkan ke BPJS Ulang atau hubungi bpjs-kesehatan.go.id

Leave a Reply