Pindah Status dari BPJS Perusahaan menjadi Mandiri

Pindah Status dari PPU ke PBPU

Pindah status kepesertaan sering sekali dilakukan tentunya masing-masing memiliki alasan tertentu, termasuk salah satunya yaitu seseorang yang sebelumnya terdaftar menjadi peserta BPJS dari Perusahaannya ingin pindah menjadi Peserta Mandiri (PBPU).

Peserta yang terdaftar dari Perusahaan sebetulan lebih ringan dalam membayar iuran, itu karena perusahaan juga ikut membayar iuran pegawainya memang tidak sepenuhnya hanya beberapa persen saja tapi itu cukup membantu. Tapi mengapa justru ada yang mau pindah ke mandiri? padahal menjadi peserta PPU iurannya dibantu perusahaan?

Biasanya alasan yang banyak diungkapkan seseorang pindah status dari perusahaan menjadi mandiri itu dikarenakan beberapa hal yaitu seperti Faktor Pindah kerja dan yang paling umum adalah karena berhenti bekerja (Baik dipecat atau mengundurkan diri).

Sebelumnya kami telah menjelaskan mengenai prosedur pindah status dari PPU menjadi PBPU, kini kami akan menjelaskan ulang bagaimana prosedurnya dan apa saja persyaratan yang harus di siapkan ketika ingin pindah status dari PPU ke PBPU.

Ketika peserta Resign atau dipecat dari perusahaan maka pastikan anda memiliki surat pengunduran diri atau surat pemecatan yang dapat digunakan sebagai lampiran saat melakukan pindah status bpjs. Pindah status BPJS dapat dilakukan di kantor BPJS terdekat.

Selain surat tadi anda juga perlu membawa :

  • KK (Kartu keluarga dengan fotocopynya)
  • Buku tabungan (Mandiri, BRI atau BNI)
  • Foto 3×4 2 lembar
  • Kartu BPJS sebelumnya.

Ketika berada di kantor bpjs anda akan diminta untuk mengisi sebuah formulir perubahan, dan proses perubahan data akan di lakukan, tapi perlu diketahui jika ada tunggakan yang belum dibayar maka anda perlu melunasinya terlebih dahulu.

Perubahan kepertaan seharusnya bisa dilakukan tanpa harus daftar kembali dari awal karena sebenarnya anda sudah terdaftar sebagai keperta BPJS, petugas BPJS hanya akan melakukan perubahan kepesertaan BPJS anda dari BPJS perusahaan ke BPJS Mandiri.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply