Bagaimana Cara Pindah atau Ganti Faskes Tingkat Pertama BPJS Kesehatan

Faskes Tinggkat Pertama BPJS – BPJS Kesehatan menerapkan sistem berobat berjenjang, dimana peserta BPJS yang mengalami gangguan kesehatan dapat berobat secara gratis jika mengikuti prosedur yang berlaku yaitu peserta diharuskan berobat ke fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama untuk mendapatkan penanganan medis. Jika faskes 1 tidak dapat menangani masalah anda maka anda akan mendapatkan rujukan ke faskes lanjutan.

Faskes 1 merupakan fasilitas kesehatan pertama yang dapat digunakan peserta untuk berobat, biasanya faskes yang telah bekerjasama dengan bpjs adalah Klinik, Puskesmas. Faskes 1 tertulis pada kartu peserta bpjs, pemilihan faskes ditentukan oleh peserta pada saat pertama kali melakukan pendaftaran.

Terkadang faskes tingkat 1 yang dipilih peserta tidak sesuai dengan keinginan dan berencana untuk menggantinya. Peserta bpjs diperbolehkan mengganti faskes yang telah dipilih sebelumnya dengan faskes yang baru, faskes yang dapat dipilih merupakan faskes terdekat dengan alamat domisili anda.

Pindah Faskes Tingkat Pertama

Pindah Faskes Tingkat Pertama

Untuk merubah faskes bpjs dapat dilakukan di Kantor BPJS Kesehatan, pada saat ingin merubah atau mengganti fasilitas kesehatan maka yang perlu anda bawa adalah KTP Asli, Kartu Peserta BPJS. Karena peserta bpjs cukup banyak, anda harap antri untuk menunggu giliran dilayani petugas.

Setelah giliran adna dipanggil untuk dilayani, maka langsung saja anda utarakan keperluan anda yaitu untuk mengganti atau merubah faskes. Pastikan faskes yang anda pilih sudah tepat dan tidak ada perubahan lagi nantinya. Karena perubahan faskes hanya bisa dilakukan 1 kali saja.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Malam.. saya mau bertanya.. saya dan keluarga (suami & anak) sdh hampir 1 th ikut bpjs kelas 2. Dan sln ini tdk ada mslh dg faskes 1 kami namun beberapa minggu ini saya mengalami sakit gigi. Saat saya mendaftar dulu saya sdh memilh drg Swani Hartanto. Namun kmrn saat saya maw periksa gigi drg Swani mengatakan bahwa bpjs a/n saya faskes dr giginya masih kosong. Dan saya harus dtg lgi ke kantor bpjs. Pagi ini saya dtg dan ternyata dpt no antrian 180. Padahal saya sedang sakit gigi.. akhirnya saya putuskan untuk periksa dengan biaya sendiri. Karena kalo menunggu faskes saya didata lagi, myngkin saya keburu pingsan nahan sakit nunggu antrian 180. Posnya ada 8. Tpi yg ada petugasnya hanya 2. Yang saya sayangkan… kenapa saat saya mendaftar dan mengisi faskes2 yang sudah sesuai dg prosedur harus ada yg tertinggal. Tiap bulan kami membayar tagihan bpjsnya… namun saat dibutuhkan betapa sulitnya.. saya mau bertanya bisakah saya konfirmasikan data faskes drg tersebut via telpon atau online? Bukan ingin menyalahkan, tpi apa ga bisa pke jalan keluar yg mudah.. misal via telpon. Kan untuk pembayaran sdh dipermudah lwt mana saja.. masa untuk konfirmasi saja harus dipersulit? Mohon feedbacknya.. terimakasih

  2. Selamat siang saya peserta bpjs mau tanya saya khan daftar pertama bpjs disby waktu itu saya masih tinggal disurabaya..dan sekarang saya sudah pindah rumah didaerah desa sidorejo..kec. krian kab. Sidoarjo..trus gimana caranya saya mau pindah faskes daerah sini??apa saya datang dikantor bpjs surabaya ato gimana….mohon diberi jawaban..terima kasih.

    • @Yunita : Anda bisa datang ke kantor bpjs sidoarjo terlebih dahulu untuk menanyakan pindah faskes… terima kasih…
      Pastikan faskes disesuaikan dengan domisili sesuai dengan KTP anda

  3. saya sudah terdaftar secara online bpjs kesehatan satu KK, dengan sama faskes 1. bisakah ganti faskes 1 hanya 1 anggota keluarga saja? misal anak saya di bandung karena kuliah ingin ke faskes terdekat. orang tua masih di bogor.

    • @Dadang : seperti yang telah kami jelaskan dalam artikel tersebut bahwa setiap peserta dapat mengganti faskes 1 jika sudah terdaftar aktif selama 3 bulan. dan hanya bisa mengganti 1 kali saja.

      • maksudnya 1 kali saja apa ya bu/pak? Pekerjaan saya menuntut pindah kerja setiap 3atau4 tahun sekali. apabila hanya bisa satu kali seumur hidup bagaimana apabila saya sakit sehingga harus rawat inap (amit2) di perantauan?

  4. ni wayan budiasih

    selamat siang saya peserta bpjs, saya ingin memindakan faskes saya tapi dulu sudah pernah dipindahkannya dekat dengan tempat kerja saya dulu, tetapi sekarang saya pindah kerja dan pindah tempat tinggal , apakah boleh dipindahkan untuk kedua kalinya, karena berhung sekarang saya jauh dengan faskes sebelumnya?

    • @NI Wayan : berdasarkan peraturannya, peserta hanya diperbolehkan pindah faskes 1 kali saja… Untuk keterangan lebih lanjut bisa hubungi bpjs setempat… Mungkin dengan alasan tertentu anda bisa mendapatkan kebijakan.

  5. Saya adalah peserta bpjs perusahaan, saat saya datang ke kantor bpjs depok untuk pindah faskes diinformasikan bahwa pindah faskes hanya bisa dilakukan oleh hrd perusahaan.
    Hal tersebut sangat merepotkan karena kondisi saya sedang hamil dan mengganggu jam kerja jika menggunakan di puskesmas, dan dikarenakan faskes yg dikartu tidak sesuai dengan pilihan saat mendaftar

  6. Saya selama ini dibayarkan oleh kantor lama untuk BPJS Kesehatan untuk kelas 2 an saya , istri dan anak. Namun kantor saya yang lama mengalami pailit sehingga praktis tidak transfer lagi. saya pun sulit mendapatkan surat keterangan soal pailit ini akhirnya dalam 3 bulan ini tidak ada uang yang ditransfer ke BPJS oleh kantor lama. Pertanyaannya:

    1. Apa BPJS masih bisa aktif?
    2. Jika bisa, apa bisa saya pindah ke FASKES kelas 1 atas nama pribadi (bukan an kantor baru)?

    Terima kasih

  7. Imawan Dwi s

    Mertua saya sebagai peserta BPJS di kabupaten Pelelawan Riau. Saat ini kondisi sakit dan ikut saya di kabupaten Demak Jawa tengah.
    Bagaimana cara pindah fasyankes yang terdekat dengan domisili saya padahal mertua saya mempunyai KTP pelelawan. Syarat apa yang harus kami penuhi agar mertua saya bisa pindah atau memanfaatkan kartu BPJS dari semua tingkatan fasyankes di kabupaten Demak Jawa tengah. Tk.

  8. Tanya Pak

    Saya adalah peserta BPJS yang didaftarkan perusahaan (Perusahaan kecil saja) dan sudah terdaftar sejak Juni 2016. Pada saat pendaftaran pihak Administrasi yang mendaftarkan tidak memberikan nama faskes sehingga waktu itu saya kosongkan. Setelah resmi terdaftar ternyata faskesnya sangat jauh dari tempat tinggal dan saya sudah mengajukan perubahan faskes ini ke admin perusahaan. Setelah saya membaca postingan bapak, ternyata pindah faskes ini tidak bisa ON LINE tetapi pihak admin ngotot bisa karena fasilitas menu pindah faskes ini ada.

    Nah jika harus datang langsung makan untuk pindah faskes ini membutuhan waktu berapa lama ya..?

  9. Muhammad Suwandi

    Saya peserta BPJS klinik Haji Mabar,,saya mau pindah ke klinik iman martubung, Bagaimana caranya,? Mohon penjelasanya_,,

  10. Didik pirwanto

    Saya baru mendaftar Hari ini, namun ada kesalahan dalam memilih tingkat faskes dan lokasi fakskes?

    Solusi Untuk merubah dua hal tersebut bagaimana? Dan Syaratnya apa saja

  11. Selamat siang, sy ingin menanyakan klo sy menggunakan BPJS Gratis bisa atau tidak di rubah Faskes kelas 1?? trus persyaratannya apa sy hrs melaporkan kemana mohon bantuan info nya thks

  12. Selamat siang ,saya mau tanya saya ingin pindah fakes,perusahaan saya di jakarta tapi domisili saya di tangerang,apa saya mesti harus ke bpjs yg dijakarta apa yg di tangerang

  13. selamat pagi, saya mau bertanya, kalau ingin pindah faskes tingkat 1 via online bisa atau tidak ya??? selain itu BPJS yang saya gunakan merupakan fasilitas yang diberikan oleh kantor tempat saya bekerja. Terima kasih

  14. saya mengajukan BPJS untuk ibu saya november 2015 dengan keterangan sbb :

    – KTP Domisili Larangan Utara, Tangerang
    – FASKES yang diisi di formulir = KLINIK PAV DR HARIYADI, Larangan Tangerang

    BPJS baru jadi januari 2016, tapi FASKES yang tertera KECAMATAN KB. JERUK

    lalu saya mau ganti FASKES sesuai yang saya isi pada formulir yaitu KLINIK PAV DR HARIYADI, Larangan Tangerang tetapi katanya baru bisa setelah 3 bulan lagi

    SAYA KECEWA, yang salah pihak BPJS karena tidak teliti dalam melihat formulir isian dan KTP tapi saya yg jadi korban sementara iuran sudah berjalan

    Mohon kebijaksanaannya bagaimana caranya agar BPJS ibu saya dapat segera digunakan di KLINIK PAV HARYADI tanpa perlu menunggu 3 bulan lagi, mengingat ini adalah MUTLAK kesalahan BPJS.

    Ditunggu tanggapannya dan terima kasih.

Leave a Reply