Kapan Kartu BPJS Kesehatan bisa Digunakan Setelah Mendaftar

Jika anda bertanya – tanya kapan kartu peserta bpjs dapat digunakan setelah anda melakukan pendaftaran. Menurut aturan yang dibuat BPJS Kesehatan Sejak 1 Juni 2015 lalu kartu bpjs baru dapat digunakan 14 hari setelah Virtual Account (VA) diterima.

Aturan ini berlaku hanya bagi peserta yang baru melakukan pendaftaran, baik itu untuk peserta mandiri (PBPU) maupun Bukan pekerja. Maka dari itu, jaminan bpjs tidak berlaku untuk keperluan dadakan, maksudnya ketika sakit terus berharap dapat jaminan sosial dari BPJS. Untuk itu daftar bpjs sebelum membutuhkan pelayanan kesehatan dari BPJS.

Peserta juga belum bisa melakukan pembayaran iuran sebelum mendapatkan kartu BPJS Kesehatan Aktif. Kenapa menunggu 14 hari, karena pada waktu 14 hari itu bpjs akan melakukan proses administrasi untuk membayar iuran, melakukan verifikasi data kependudukan, dan penyiapan fasilitas kesehatan tingkat pertama, baru menerbitkan kartu peserta aktif.

Pada hari ke 15, peserta baru bisa melakukan pembayaran iuran dan kartu langsung dapat dimiliki dan daapt digunakan. Namun, bila saat proses pendaftaran peserta mengalami sakit dan harus mendapatkan pelayanan kesehatan, maka pasien hanya bisa mendaftar sebagai pasien umum, kecuali 3×24 jam kerja sebelum penerimaan kartu yaitu pada 3 hari terakhir dari 14 hari.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Permisi min saya mau tanya kemarin tgl22 sy daftar baru..tpi smpai skrg ko blm dapat sms va dari bpjs y…mohon jawaban ny??

  2. Saya punya bpjs kesehatan dari perusahaan. Saya mash singel, bisa ga bpjs saya di pake buat orang tua saya berobat…

  3. Setelah mendaftar BPJS online mandiri, tetapi tidak membayar iuran pada bulan pertama samapai seterusnya kurang lebih 2 tahun, dulu hanya mendaftar setelah itu tdk membayar iuran, apakan dalam waktu 2 tahun nomor pendaftaran masih aktif?

  4. Pak/bu mau nanya sya bru daftar baru bpjs. Katanya nti dapat no virtual melalui sms ,nah yg sya tanyakan karena pas sya daftar no hp sya salah… Trus bagaimna saya bisa tau no virtualnya, karna no hp sya salah. Mohon pencerahannya

  5. Halo saya sdh pegang kartu bpjs 7 nov, apakah saya blh langsung berobat ke rumah sakit yg saya mau dgn menggunakan kartu bpjs ???

  6. Saya sudah dapatkan virtyal account untuk pembayaran tetapi pada saat saya gendak membayar di mobile banking ataupun di indomart tidak bisa yah. Keterangan nya nomor kartu tidak di temukan. Padahal sebelumnya saya baru saja membayarkan bpjs ayah saya dan itu bisa.. Saya sudah cek berkali kali fetail angkanya tetap saja tidak bisa.

  7. saya mau tanya.. tgl 18 oktober 2016 saya mendaftar untuk bpjs dikantor bpjs. kemudian tgl 2 november saya kembali ke kantor bpjs untuk mengambil kartu dan va.. dan diminta membayar iuran pada tgl 2 november sebesar 51 ribu untuk kelas II. pembayaran tgl 2 itu saya bayar untuk iuran bulan apa ya? mohon jawabannya terimkasih

  8. Tanggal 18 oktober saya buat kartu bpjs kesehatan, sudah bayar faskes ke dua,, sudah bsa dipakai belum ya kartunya ?

  9. tanggal 20 sept 2016 minggu lalu saya mendaftarkan bpjs untuk istri dan anak saya, tp hari ini 27 september 2016 anak saya sakit keras, bagaimana caranya agar saya bisa menggunakan bpjs ini, sementara diperaturannya disebutkan harus menunggu 14 hari masa aktivasi. mohon panduannya

  10. Saya kemarin daftar online tapi saya masih binggung Pembayaran pertama hanya bayar 1 bulan saja atau langsung 3bulan? mohon infonya

    • @Yoga : Pembayaran iuran pertama untuk 1 bulan saja dan untuk sejumlah keluarga yang anda daftarkan… Apabila anda mendaftarkan 3 orang dengan kelas 2 maka iuran yang harus di bayar Rp153.000

  11. saya kepala keluarga beserta istri dan 2 org anak yg msh kuliah, ingin mendaftar bpjs mandiri.,yg ingin saya tanyakan
    1. apakah bisa membayar iuran utk 6 bln atw lbh
    2. apakah bisa kartu anggota 1 atas nama anak tertua, hal ini karena saya blm memiliki ktp dan rek tabungan
    3. apakah bisa daftar memakai surat ket ktp sementara, terima kasih..

  12. Agustinus Indratna

    Saya daftar Bpjs online tgl 25 Juli 2016.kemudian saya mendapat VA..tetapi setelah 15 hari saya mau membayar tetapi no VA saya belum terdaftar,saya coba lakukan pembayaran melalui berbagai cara hingga hari ke 30. Tetapi masih belum terdaftar..mohon panduan apakah..no VA saya msh berlaku atau saya harus daftar ulang.

  13. Saya daftar bpjs kemaren tgl 16agustus 2016 dan sampe sekarang belum dapet kabar ataupun sms dari pihak bpjsnya (blm dapat sms no VA nya) apakah ini wajar atau ada kesalahan dari saya nya? Mohon jawab karna saya sangat bingung

    • Ini kelalayan apa gmna ? Soalnya saya tidak mau daftar ulang lagi kalo misalkan telat bur iuran sampe 30 hari dari kemaren karna ini kelalayan bpjsnya

      • @fitriyantika : Perlu diketahui bahwa semua layanan di bpjs bergerak berdasarkan sistem komputerisasi yang telah berjalan sesuai formatnya.. Yang anda tanyakan kelalayan dari segi apa?

    • @Fitriyantika : Anda bisa konfirmasi ulang saja ke kantor bpjs? apakah mungkin nomor hp yang anda daftarkan salah? VA akan diberikan untuk membayar iuran pertama pada hari ke 14

  14. Permisi..
    Jadi bagaimana dengan pembayaran BPJS ny? Apakah saya harus hanya harus bayar untuk 4 orang atau tetap untuk 5 orang?
    Dan apabila saya harus bayar untuk 5 orang bagaimana dengan no. VA ny?
    Terimakasih. Mohon respon nya 🙂

  15. Permisi saya mau tanya, saya sudah daftar BPJS pagi tadi dan malamnya saya mendapat mendapat SMS VA nya, tetapi berdasarkan SMS yang masuk hanya ada empat orang saja yang mendapat no VA sedangkan yang didaftarkan ada 5orang. Apa ini cuma kesalahan dari pihak sana atau dari pihak kami, barang kali ada persyaratan yang belum saya penuhi atau ada kesalahan. Terima kasih.

  16. Halo, saya mau tanya, saya kan dikasih waktu dr bpjs untuk bayar VA nya dr tgl 28juli-13agust, lalu saya sudah bayar saat tgl 5agustus, kira-kira saya bisa dapat kartunya kapan dan gimana ya? apa saya harus balik ke bpjs lgi saat tgl 13 agustusnya atau sebelum tgal itu saya bisa datang dan minta kartu? thanks.

  17. ratih purwati

    Knp sy dftar bbjs cm dpt fto copy yg ada stempel dr bbjs.apa krtu itu d gunakan se umur hidup atau hrs d ganti d kantor bbjs

  18. fendi saputra

    Saya kemari mutasi dari perusahaan ke mandiri
    Tanggal 5 agustus 2016.. kata petugas bpjs maksimal 3 hari mendapatkan kode VA..
    Apakah setelah dpt kode bs langsung di gunakan

  19. Ayah saya kecelakaan n harus oparsi tulang tanganya sedangkan ini sudah jadi kartu bpjsy setelah ,14 hari pambayaran pertama apakah bisa langsung di gunakan kartu bpjsya untuk oprasi..,??mohon penjelasanya…???

  20. pinggir nasopan

    Saya mau tanya,tgl 14 juli 2016 kemarin daftar bpjs kesehatan,tgl 28 bayar ansuran,kira2 dapat kartu, dan bisa aktif kapan ya mohon solusinya

  21. Bismillah..
    Mau bertanya, orang tua saya sebelum ada program bpjs, ikut dan masuk program Jamkesmas. Akan tetapi karena satu dan lain hal, dia terlewat dan tidak didaftarkan oleh pihak desa, sehingga sampai sekarang kesulitan jika akan berobat.

    Apakah bisa orang tua saya ikut kepesertaan bpjs yang jalur PBI sebagai ganti jamkesmas, karena orang tua saya termasuk kurang mampu ?

  22. Selamat siang saya mau bertanya
    Saya sudah mendaftar apakah saya boleh mendapatkan kartu peserta nya sebelum 14 hari pendaftaran walaupun nanti nya kartunya belim aktif?
    Terima kasih

  23. Saya sudah mendaftar BPJS dan telah mendapat VA. Tapi nomor VA tersebut tidak bisa saya gunakan untuk membayar. Sudah tiga kali saya ke BPJS cabang tetap yang diberikan nomor VA yang sama. Apa yang harus dilakukan? Karena hampir satu bulan lebih dan tetap tidak bisa dilakukan pembayaran dengan nomor virtual tersebut. Jawaban pegawai BPJS pun tidak memuaskan

  24. Saya sudah mendaftar BPJS dan telah mendapat VA. Tapi nomor VA tersebut tidak bisa saya gunakan untuk membayar. Sudah tiga kali saya ke BPJS cabang tetap yang diberikan nomor VA yang sama. Apa yang harus dilakukan?

  25. Saya mau tanya..
    Tahun lalu 2015 saya sudah mendaftarkan bpjs dan sudah mendpatkan no virtual untuk pembayaran bpjs . Tapi saya sampe hari ini thn 2016 blm bayar virtual.. itu bagaimana yah min?

  26. apakah benar aturan terbaru bpjs baru bisa digunakan 3 bulan mendaftar? ada juga yang bilang 1 bulan. yang benar yang mana ya? mohon pencerahannya.

  27. Saya ingin bertanya, saya mendaftar bpjs dengan 2 anggota sy dan kakak sy, kami membayaran iuran sendiri2, apakah jika kakak sy tidak membayar iuran, akan berpengaruh kepada keanggotaan sy?

  28. mau tanya,kan saya udh daftar bpjs,tanggal 26 mei 2016 sudah bayar iuran pertamanya dan sudah mendapatkan kartu bpjs,pertanyaannya kapan mulai bayar iuran keduanya?

    • mohamad khoiron

      saya terdaftar sebagai peserta KIS ..bgmana caranya supaya saya bisa jadi peserta bpjs kesehatan mandiri.?terima kasih

  29. Lira Tamara

    dear panduan Bpjs, 14 hari disini maksudnya 14 hari kerja ( hitungan senin-jumat ) ataukah 14 hari ( hitungan senin-minggu)? mohon pencerahannya…

    • Dear panduan bpjs.

      Saya tadi daftarkan bayi sy yg baru lahir/penambahan, dan kata petugas counternya bisa langsung aktif kartunya benar kah?

      Trima Kasih

  30. Vero riyanti

    Om saya sudah di vonis dokter ada pengeroposan tulang dan harus di operasi..ini baru proses bikin BPJS, setelah mendapat kartu BPJS apakah 14 hari kemudian bisa digunakan kartu itu..tks infonya

  31. Mau tanya , tanggal 16 Mei kemarin saya daftar BPJS , tapi sampai sekarang saya belum dapet SMS dari pihak BPJS , apa harus nunggu 2 minggu ( sampai tanggal 30 Mei ) saya baru dapet SMSnya ?
    Saya coba telfon ke nomor yang dikasih kemarin , tapi ga ada respon sama sekali , gimana yah ?

    Terima kasih

  32. KARTU BPJS AYAH SAYA SUDAH LAMA TIDAK PERNAH DIURUS DAN HILANG,DAN BELUM PERNAH DI PAKE SAMA SEKALI UNTUK BEROBAT.KIRA2,kalo saya buat dari awal lagi,bisa/ngga ya pak/ibu..trims

  33. saya kemaren baru daftar bpjs dan sudah mendapatkan sms va nya. apakah saya bisa langsung transfer?

  34. istri saya mau melahirkan,bpjs bikin di cikarang,sedangkan melahirkan di daerah cirebon,bisa tidak minta rujukan dari cikarang ke cirebon.terima ksh

  35. Mau tanya donk.. Jk ada yg kecelakaan tp dinyatakan pihak korban trlambat lapor ke polisi utk diteruskan ke jasa raharja apa bisa di tanggungkan prawatannya ke bpjs..?

  36. saya kan udah daftar dan tgl 16 baru dapet kartu. dan bulan ini saya mau melahirkan apa bisa di gunakan untuk melahirkan?

  37. Sy sudah daptar bpjs dan sudah memiliki kartuny kmrn tnggl 9mei2016
    Kira kira kpan Чα”̮ bisa di gunakanny?
    Sblmny sy ucapkn terima kasih

  38. saya mau tanya dong, tgl 9 mei 2016 saya mendaftar bpjs baru . tapi koq sampai sekarang belum dapet sms VA dari pihak bpjs ya ? Pada hal di kertas tertulis 1X24jam akan dibalas melalui sms.kira” berapa lama menunggu sms masuk untuk mulai pembayarannnya . saya mendaftar langsung ke BPJSnya.
    makasih .

  39. bagaimana cara kita memakai pelayanan bpjs pada 3 hari terakhir dr 14 hari. sedangkan kita belum memegang kartu.

    • maksudnya bagaimana nih, yang jelas 14 hari sejak pendaftaran agar aktif anda membayar iuran pertama, nanti anda akan mendapatkan nomor keanggotaan… Bisa minta e-ID dulu jika belum ada kartu fisik

  40. atika septyowati

    saya mau tanya dong, tgl 4 mei 2016 saya mendaftar bpjs baru . tapi koq sampai sekarang belum dapet sms VA dari pihak bpjs ya ? kira” berapa lama menunggu sms masuk untuk mulai pembayarannnya . makasih .

  41. mau nanya, saya baru buat bpjs sekitar seminggu lebih kmren. dan pembayaran pertama tgl 21 april ini. kira2 bisa dipake kapan ya? thx

Leave a Reply