Jika masih Bekerja di Perusahaan tidak bisa dialihkan menjadi Peserta Mandiri

Pindah Status Peserta PPU ke Mandiri

Sering kali peserta BPJS Perusahaan menanyakan prosedur mengenai cara pindah dari peserta PPU ke Peserta PBPU atau Mandiri. Kami telah menjelaskan sebelumnya dengan lengkap mengenai cara pindah kepesertaan khusus bagi pegawai yang ingin pindah status menjadi peserta mandiri.

Untuk pindah status dari peserta perusahaan ke Peserta Mandiri maka anda dapat mengurusnya langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat untuk mengajukan perubahan dengan membawa syarat KK, KTP, Buku Tabungan, Foto 3×4, Kartu Keluarga dan Surat keterangan dari Perusahaan bahwa berhenti bekerja.

Namun ternyata, peserta BPJS yang berstatus sebagai peserta PPU dari sebuah perusahaan tidak bisa melakukan pindah menjadi peserta mandiri apabila peserta tersebut masih bekerja di perusahaan tersebut. Apabila anda sudah tidak bekerja lagi diperusahaan yang menanggung BPJS maka baik itu karena resign atau di PHK maka bisa mengajukan pindah ke peserta Mandiri.

Apabila perusahaan tempat bekerja tidak membayar iuran sesuai dengan ketentuan berlaku maka anda bisa melaporkan perusahaan tersebut ke kantor BPJS Kesehatan untuk ditindak lanjuti. 

Perlu di ingat bahwa, peserta PPU atau perusahaan iurannya ditanggung perusahaan sedangkan untuk peserta mandiri atau individu iurannya ditanggung sendiri. Kelas yang dipilih disesuaikan dengan kelas yang dipilih oleh Kepala Keluarga dalam KK yang di ikuti.

Baca Juga : Pindah dari Mandiri ke PPU

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.