5 Jenis Ikan yang Mengandung Protein Paling Tinggi dengan Harga Ekonomis

Selain telur ada banyak jenis makanan yang mengandung protein, salah satunya bisa kita dapatkan dari ikan, dengan banyak mengkonsumsi ikan maka kebutuhan protein tubuh dapat terpenuhi. Ada beberapa jenis iklan yang mengandung protein tinggi dan harganya pun relatif murah. 

Protein sangat diperlukan tubuh untuk meningkatkan fungsi kerja otak, terutama bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Maka dari itu, perbanyaklah mengkonsumsi ikan kepada anak-anak anda untuk membantu perkembangan otak mereka.

  1. Ikan Bandeng
  2. Ikan Cakalang
  3. Ikan Ekor Kuning
  4. Ikan Kembung
  5. Ikan Patin

5 jenis ikan yang kami sebutkan diatas merupakan jenis ikan yang mengandung protein paling tinggi, informasi ini kami kutip dari halaman detikheatlh. Semoga dapat bermanfaat untuk kita bersama dalam memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh khususnya bagi anak-anak.

1. Ikan Bandeng

Ikan bandeng merupakan ikan yang hidup di air payau, biasanya ikan ini dibudidaya petani dalam bentuk tambak. Ikan bandeng banyak diminati disamping rasanya yang gurih juga mengandung protein yang tinggi. Ikan bandeng tidak mudah hancur ketika dimasak, akan tetapi daging ikan ini berduri dan sedikit berbau lumpur tapi tidak mengurangi kelezatan ketika disantap. Dalam 100 gr bandeng mengandung 123 kkal energi, 20 gr protein, 4,8 gr lemak. Ikan ini sama sekali tidak mengandung karbohidrat.

2. Ikan Cakalang

Ikan cakalang merupakan jenis ikan yang banyak di jumpai di wilayah Asia tenggara. Di daerah Sulawesi Utara, ikan ini kerap di olah menjadi ikan asap atau abon ikan. Dalam 100 gr cakalang mengandung 107 kkal energi, protein 19,6 gr, lemak 0,7 gr dan 5,5 karbohidrat. Untuk anak-anak sebaiknya berikan ikan cakalang dalam bentuk abon atau digoreng, karena jika di asap mengandung banyak karbon.

3. Ikan Ekor Kuning

Ikan ini banyak dijual di pasar tradisional maupun supermarket. Dalam 100 gr ikan ekor kungin ini mengandung 108 kkal energi, protein 22,3 gr, lemak 1,2 gr, dan 2,1 gr karbohidrat. Ikan ekor kuning bisa diolah menjadi apa saja sesuai dengan selera. Misalnya : digoreng dalam bentuk fillet atau utuh dan menambahkan beberapa bumbu agar lebih gurih.

4. Ikan Kembung

Ikan kembung dapat kita jumpai dengan mudah di pasar tradisional, karena ikan ini tergolong ikan yang ekonomis (harga terjangkau untuk semua kalangan). Ikan kembung sangat nikmat ketika di pepes atau digoreng pedas. Dalam 100 gr ikan kembung mengandung sekitar 125 Kkal energi, 21,3 gr protein, lemak 3,4 gr dan 2,2 gr karbohidrat.

5. Ikan Patin

Dalam 100 gr ikan patin mengandung 132 kkal energi, 17 gr protein, lemak 6,6 gr dan karbohidrat 1,1 gr. Ikan patin lebih nikmat disantap dengan cara di masak pindah. Oiya, ternyata ikan patin mengandung dua jenis asam lemak yaitu DHA dan EPA. Kedua jenis asam lemak omega 3 ini juga dimiliki oleh ikan salmon, tuna dan sarden.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar