5 Jenis Penyakit di Balik Kesemutan

Gangguan Kesehatan di Balik Kesemutan
Gangguan Kesehatan di Balik Kesemutan

Gangguan Kesehatan di Balik Kesemutan

Kesemutan yang banyak terjadi yaitu ketika terlalu lama duduk bersila atau tangan tertindih kepala saat tidur, namun kondisi seperti ini biasanya akan hilang ketika berubah posisi. Hal ini terjadi karena adanya tekanan pada syaraf di area kesemutan tersebut, sehingga alirah darah menjadi terganggu.

Tapi jangan anggap remeh jika anda sering mengalami kesemutan, karena bisa jadi ada penyakit serius di balik kesemutan yang terjadi pada anda.  Kesemutan bisa menjadi salah satu gejala yang timbul dari suatu jenis penyakit tertentu.

Berikut ini kami merangkum, beberapa penyakit di balik kesemutan. Anda harus waspada ketika anda sering mengalami rasa kesemutan, segera periksakan diri kedokter untuk mendapatkan penganganan medis. 

1. Penyakit Diabetes Melitus

Bagi penderita diabetes melitus juga akan sering mengalami kesemutan, ini merupakan gejala  yang terjadi pada pembuluh darah.  Maka dari itu, ketika anda mengalami kesemutan yang tidak wajar maka anda bisa pergi ke dokter untuk mendapatkan tindak lanjut.

2. Penyakit Stroke

Stroke bisa menjadi salah satu penyebab mengapa anda sering mengalami kesemutan, karena kesemutan juga bisa terjadi akibat terjadi penyumbatan pembuluh darah di otak. Jika terus dibiarkan, tanpa adanya penanganan medis maka bisa berujung lumpuh separuh badan.

3. Penyakit Jantung

Kesemutan juga bisa di timbulkan karena adanya gangguan kesehatan pada jantung, Adanya pembekuan darah sehingga bekuan tersebut terbawa ke otak dan akhirnya timbul serebral embolik. Itulah alasan mengapa kesemutan juga disebabkan adanya penyakit jantung.

4. Penyakit Rematik

Rematik juga menjadi salah satu jenis penyakit yang kemungkinan terjadi pada anda ketika anda sering mengalami kesemutan, dalam hal ini terjadi karena adanya syaraf yang terjepit akibat sendi pada engsel, seperti sendi dipergelangan tangan.

5. Saraf punggung terjepit

Hernia nucleus pulposus (HNP) merupakan suatu kondisi dimana terjadi penekanan saraf akibat penonjolan (hernia) sebagian atau seluruh bantalan tulang belakang (nucleus pulposus). 

Selain dari penyakit diatas, kesemutan juga bisa terjadi pada anda karena anda Kekurangan vitamin seperti Vitamin E, B1, B6, B12, dan niacin. Vitamin tersebut sangat penting untuk kesehatan saraf. Jika kekurangan salah satu vitamin tersebut, maka gejala kesemutan tidak bisa dihindari. Bahkan, kekurangan vitamin B12 yang berlangsung lama juga bisa menyebabkan kurang darah (anemia).

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Be the first to comment

Leave a Reply