Telat Bayar Iuran BPJS Kesehatan Selama 1 Tahun , Berapa yang harus dibayar?

BPJS Kesehatan merupakan program gotong royong yang dibangun oleh pemerintah untuk saling membantu sesama masyarakat dalam bidang kesehatan, setiap peserta yang sakit maka biaya akan di cover bpjs atas iuran yang telah dibayar oleh seluruh peserta yang terdaftar.

Setiap peserta bpjs di wajibkan untuk membayar iuran bpjs berdasarkan kelas masing – masing, status keanggotaan bpjs akan di nonaktifkan jika peserta mengalami penunggakan pembayaran iuran selama 6 bulan. Dan tentunya ada denda khusus bagi peserta yang telat membayar iuran.

Telat Bayar Iuran BPJS Selama 1 Tahun

Telat Bayar Iuran BPJS Selama 1 Tahun

Lantas bagaimana jika peserta telat membayar iuran bpjs selama 1 tahun ? Jawabnya status kepesertaan di nonaktifkan dan tidak bisa menggunakan layanan bpjs jika sewaktu – waktu diperlukan kecuali telah melunasi tunggakan yang belum dibayar sekaligus denda nya.

Denda keterlambatan di hitung 2% per bulan dari total iuran yang tertunggak.

Adapun sebagai contoh nya : Misalkan anda telat membayar selama 1 tahun ( 12 Bulan) maka dendanya akan di akumulatifkan. Kalau sebulan anda membayar iuran Rp 59.500 ditambah 2 persennya yaitu Rp 14280. Maka yang harus anda bayarkan yaitu : Rp728.280

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Ibu saya 3 tahun lalu saya ikutkan BPJS kesehatan kelas 1 karena pikiran saya waktu itu BPJS beda dengan askes ( ibu saya istri pensiunan PNS ) tetapi setelah mengetahui sama akhirnya tidak saya teruskan ( cuman 2x bayar ) , dulu peraturannya seingat saya 2x ga bayar otomasits ga aktif .

    kenapa baru sekarang meneror ibu saya menagih tunggakan sebanyak 89juta , masuk akal ga sih ? niat mencekik rakyatnya ya??

  2. telat 3bln kartu d non aktifkan gak isa berobat,shrusnya klu sudah d non aktifkan itu tunggaan cuma 3bln itu saja.
    bkn trus berjalan klu sprt itu sma aj pemerasan donk.
    namanya org kan gak tw ad alasan apa d balik keterlambatan itu enta mslh ekonomi tw lainnya.
    kata.e bpjs program utk mmbantu rakyat

  3. Kartu bpjs saya hilang setahun yang lalu, sekarang saat mau daftar ada tunggakan yang sangat besar(lebih dari 4jt). kenapa bisa seperti itu? bagaimana perincian perhitungannya? kartunya kan hilang dan tidak terpakai. apa kartu bpjs bisa dipakai oleh bukan pemiliknya? mohon jawabannya.

  4. Bagaimana bila tidak bisa membayar/ lebih dari setahun bpjs karena masalah ekonomi….alias sudah tdk bekerja atau penghasilan yg tdk menentu.
    Apakah dikemudian hari bisa mendaftar kembali tanpa denda…karena alasan hidup yg berubah karena problem ekonomi . Masih juga dibebankan denda yg terus berjalan entah sampai brapa lama? ,,,,..mohon diberikan penjelasan untuk warga negara.

  5. Kami 1 klrga trdiri dri 5 org jd anggota bpjs.sdh telat 6bln tdk byar krna fktor eknmi.apa bs jika sya byar 3org dlu x6 bln.mhon dibntu jwbanny.trma ksih.

  6. Sudah dua tahun saya ikut BPJS via kantor. Setiap bulan besarnya potongan untuk anak dan istri juga.

    Masalahnya adalah, karena istri saya telat didaftarkan ke kantor saya, akhirnya ada tunggakan waktu itu baru 700rb. Saya berat untuk membayarnya karena istri saya tdk menggunakan BPJS tersebut.

    Tapi.. s/d sekarang gaji kantor tetap dipotong include istri saya. Padahal BPJS istri saya masih terus tunggakannya.

    Apakah bisa dibuatkan no. Baru? Karena tunggakannya semakin besar (dua tahun lebih) padahal gaji saya tetap dipotong u/ besaran iuran BPJS istri.

    *) Asuransi lain, kalau bbrp bulan tidak bayar, maka off.

  7. sy ga byr lbh dr 1 thn. Bisa bayar via teller bank gak ..sy cek via web klo bpjs sy kena sekian rupiah.
    sy merasa ga sanggup bayar, bisakah sy beralih dr mandiri k pbi ?
    kenapa ya ga bisa berhenti dr kepesertaan ..

  8. Selamat pagi…
    Bpjs saya sudah tidak aktif selama setahun lebih.. jika saya bayar tunggakan sampai bulan September ini lalu di Oktober akhir saya melahirkan caesar apakah denda 2,5 % nya tetap dikali 12
    Padahal kan perubahan peraturan per Juli 2016 apa tidak dikali 3 (Juli. Agustus.September)?

  9. BPJS MANDIRI saya sudah tidak aktf selama 1 thn lbh karena faktor ekonomi. Bisakah saya ikut program KIS dari pemerintah?

  10. rani dewi gunawan

    Jika pembayaran telat sebelum 1th apa harus pelunasan ke kantor bpjs jg atau bisa melalui indomart?

  11. Saya sudah menunggak 1 thn lebih tapi sepertinya masih bisa bayar via online, pertanyaan saya bisakah saya minta rincian tagihan tersebut? Terus kalau saya sudah melunasi apa bisa langsung pakai? Misal dipakai untuk operasi dan rawat inap, apa 100% ditanggung oleh bpjs? Tolong dijawab ya Min, terima kasih…

    • Oh iya 1 lagi… apa Tingkat/Kelas Rawatnya bisa berubah? Misal si peserta bpjs awalnya mendaftar untuk kelas 1 tapi karena sudah tidak bekerja jadi tidak ada biaya untuk bayar iuran maka peserta tersebut ingin turun kelas saja jadi kelas 2 atau tidak bayar sama sekali?

  12. Rosanta Adelia

    saya pertama kali mengikuti bpjs kesehatan pada juni tahun 2015 didaftarkan oleh perusahaan tempat saya bekerja yang ada ditangeranf, namun sebulan kemudian saya mengundurkan diri dari perusahaan tersebut. namun pada tahun juli 2016 saya bekerja di perusahaan yang ada dijakarta , dan saya ingin mendaftarkan bpjs kesehatan disini, namun katanya saya harus melunasi tunggakan saya dibulan-bulan berikutnya. yang saya tanyakan bagaimana saya mengetahui jumlah tunggakan saya sebelum”nya? terima kasih

  13. Saya baru mau buat bpjs nh,tp suami saya pernh menjadi anggota tapi tidak dibayar kurng lbh 1th. Apakah saya bs lgsg mendaftr jd anggota atau harus mengaktifkan bpjs suami saya terlebih dahulu? Apkah tidak bs perorangan saja?

    • Suami sy menunggak lebih setahun. Tp bpjs.saya dan anak saya rutin.dibayarkan tiap bulan. Namun sy sudah membayarkan tunggakan suami sy lewt atm. Tapi ketika sy ingin membayar bpjs saya dan anak saya tagihannya belum berubah. nominalx masih sama dgn tagihan suami saya. Kenapa di sistem belum berubah padahal sudah dibayarkan

      • @Darmawati : Itu karena skema pembayaran sekarang berubah, jadi mau dicek menggunakan nomor siapa saja tampilan iurannya sama… Iuran yang tampil untuk seluruh anggota keluarga terdaftar…

  14. istri saya pernah ikut Bpjs. tetapi sdh tdk pernah di bayar lagi kurang lebih 14 bulan. berpa tagihan yg harus di bayar?

  15. Bagaimana jika telat bayar bpjs 1 bln untuk bulan berikutnya no tidak ditemukan pada saat akan melakukan pembayaran

  16. Bagaimana cara mengetahui,berapa lamanya telat membayar?. Sy sudah pernah coba ke kantir pos,tdk terbaca,begitu pula di faskes 1. Jd harus bagaimana? Ga tau berapa yg mesti dibayar.

  17. Mohon info,,, saya sudah mendaftar bpjs mandiri selang beberapa bulan dari perusahaan juga di daftarkan dan kartu bpjs mandiri saya serahkan ke hrd agar hanya punya 1 account tetapi selang berapa lama saya dapat email ada tagihan bpjs mandiri dan saya kena denda sampai sekarang ini,,, yang ingin saya tanyakan perhitungan denda nya bagaimana ? Sekedar info nik nya sama untuk bpjs mandiri dan dari kantor,, mohon bantuan penjelasannya

  18. chairul anwar

    Saya sudah nunggak 1thn. Apa setelah saya melunasi lewat atm. Maka saya lgsng bs menggunakan kembali?

    • Utk melunasi tunggakan 1 tahun, setahu saya dilakukan di kantor BPJS.
      dan bisa langsung di gunakan, tapi bisa kena denda jika digunakan dalam waktu 45 hari aktif…
      sebaiknya digunakan setelah 45 hari aktif

  19. Kalau di tahun tahun berikut nya atau penggantian presiden program BPJS di bubarkan, kemana kah iuran nya akan mengalir? Apakah akan di bagikan ke perserta BPJS atau hilang entah kemana?

  20. saya kmarin dpat sms dri bpjs kesehatan..suruh melunasi apakah benar? pdahal slama 1thn tidak pernah ada sms..memang slama 1thn sya tlat mmbayar iuran karna msalah ekonomi

  21. Tidak pernah berobat selama 1 thn lebih kr, trauma dg pelayanan klinik bpjs, … berobat bayar sendiri…, mau melunaskan terkendala faktor ekonomi bgmn jalan keluarnya, ..apakah kita hrs tdk bs melanjutkan hidup shari-hari hanya kr hrs membayar tunggakan bpjs ?

  22. Bagaimana bila tidak bisa membayar/ lebih dari setahun bpjs karena masalah ekonomi….alias sudah tdk bekerja atau penghasilan yg tdk menentu.
    Apakah dikemudian hari bisa mendaftar kembali tanpa denda…karena alasan hidup yg berubah karena problem ekonomi . Masih juga dibebankan denda yg terus berjalan entah sampai brapa lama? ,,,,..mohon diberikan penjelasan untuk warga negara.

    • Daniel Nur Sasongko

      Sy juga.. Dikarenakan perubahan ekonomi hampir setahun tidak bisa bye iuran bpjs. Apa sy harus bye denda sekian bnyk jika ingin mengaktifkan kembali kartu bpjs sy? Sungguh denda yg amat besar utk sy bahkan utk anak dan istri. Mana keberpihakan pemerintah buat masyarakat kecil seperti sy?

      • Bisa ga telat 2th bayar bayar pokonya saja….soalnya teralu berat bayarnya klu sama dendanya…bisa ga ada keringanan..

  23. Erick Andriansyah

    Maaf mau tanya pa/bu
    Ponakan telat 1tahun lebih kalo dilunasi
    Apakah kartu bpjs otomatis aktif kembali dihari itu juga
    Apa harus nunggu seperti pembuatan awal
    Terima kasih

      • Sudah dua tahun saya ikut BPJS via kantor. Setiap bulan besarnya potongan untuk anak dan istri juga.

        Masalahnya adalah, karena istri saya telat didaftarkan ke kantor saya, akhirnya ada tunggakan waktu itu baru 700rb. Saya berat untuk membayarnya karena istri saya tdk menggunakan BPJS tersebut.

        Tapi.. s/d sekarang gaji kantor tetap dipotong include istri saya. Padahal BPJS istri saya masih terus tunggakannya.

        Apakah bisa dibuatkan no. Baru? Karena tunggakannya semakin besar (dua tahun lebih) padahal gaji saya tetap dipotong u/ besaran iuran BPJS istri.

        *) Asuransi lain, kalau bbrp bulan tidak bayar, maka off.

        • Pada Bag 3 ayat 19 no. 3 dijelaskan…

          (3) Pemberhentian sementara penjaminan Peserta
          sebagaimana dimaksud pada ayat (2) berakhir dan
          status kepesertaan aktif kembali apabila Peserta;
          a. membayar iuran bulan tertunggak paling banyak
          untuk waktu 12 (dua belas) bulan; dan

          Mohon pencerahan untuk kutipan “untuk waktu 12 Bulan”

          Apakah jika peserta menunggak lebih dr 12 Bulan berarti peserta cukup membayar 12 Bulan saja?
          Karena jujur pasti sangat memberatkan jika harus membayar misal 18 Bulan…
          Dan karena manfaat bpjs dalam kurun waktu itu juga tidak di gunakan…

Leave a Reply