Tagihan BPJS Tidak Sesuai, Lebih Besar dari Biasanya

tagihan-iuran-tidak-sesuai

Iuran BPJS Kesehatan harus anda bayar setiap bulan sesuai dengan kelas yang dipilih, tapi pada saat mau bayar tagihan, tagihannya tidak sesuai dari biasanya. Mengapa kok lebih besar dari sebelumnya? Mungkin masalah ini yang sedang anda alami.

Bukan hanya anda saja yang mengalaminya, banyak peserta bpjs yang mengeluh kalau tagihan iuran yang harus mereka bayar kok membengkak. Setiap cek tagihan menggunakan nomor VA milik keluarga yang lain juga memiliki besar tagihan yang sama.

Misal anda terdaftar di bpjs kelas 1 dengan iuran (Rp80 ribu per orang per bulan) dan keluarga anda yang terdaftar di bpjs sebanyak 4 orang. Maka iuran yang harus anda bayar yaitu Rp80.000 dikali 4 maka besarnya : Rp320.000.

Seperti ini lah yang banyak dialami oleh para peserta. Mereka kaget dan mengeluh karena belum mengetahui bahwa bpjs kesehatan telah memperbaharui sistem pembayarannya sejak 1 September 2016, yang mana pembayarannya dilakukan secra kolektif. Iuran dibayar cukup menggunakan 1 nomor VA salah satu anggota keluarga.

Baca Disini : Tagihan berdasarkan nomor 1 VA Keluarga (kolektif)

Begitulah alasannya mengapa tagihan anda tidak sesuai, lebih besar dari biasanya. Untuk saat ini anda tidak bisa membayar hanya salah satu saja, tapi langsung untuk seluruh anggota keluarga yang terdaftar di bpjs.

Jika anda telat membayar iuran sebulan saja maka status kepesertaan anda akan langsung di nonaktifkan dan tidak bisa menggunakan kartu bpjs untuk berobat. Untuk mengaktifkannya kembali cukup melunasi tagihannya.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply