Telat Bayar Bpjs 1 Tahun, Apakah boleh dibayar setengah atau mencicil?

Bayar Iuran BPJS

Ternyata masih banyak peserta BPJS Kesehatan yang tidak membayar iuran mereka, apalagi bagi mereka yang sudah pernah dibantu BPJS. Bahkan ada tunggakan iuran peserta yang belum dibayar sampai 1 tahun. Tapi, kita tidak tahu apa masalah yang sedang dihadapi entah karena faktor ekonomi atau hal lainnya.

Tapi yang jelas menjadi peserta BPJS memiliki kewajiban untuk membawa iuran setiap bulan, apabila iurannya tidak dibayar maka status bpjs akan dihentikan sementara dan kartu bpjs tidak bisa digunakan untuk berobat. Apabila ingin mengaktifkannya kembali maka peserta harus melunasi tagihan iuran yang belum dibayar.

Lantas, bagaimana jika telat bayar iuran sampai 1 tahun atau lebih? Apakah boleh tunggakan iuran tersebut dibayar setengah dulu? atau mencicil? atau hanya salah satu keluarga saja? Jawab nya : Tidak Bisa. Karena sistem tagihan bpjs dibuat secara akumulatif yaitu total dari keseluruhan tunggakan.

Maka dari itu apabila peserta menunggak dan status nya dihentikan maka untuk mengaktifkannya kembali harus melunasi tunggakan yang ada. Tidak bisa bayar separuh, tidak bisa dicicil, dan tidak bisa hanya sebagian orangtua saja. Maka dari itu harus dilunasi semuanya untuk bisa aktif kembali.

Baca Juga : Kapan Status bisa aktif setelah tagihan Lunas ?

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.