Anda harus Stop Minum Air Dingin, Simak 4 Alasan Berikut ini !

Banyak orang yang mencari solusi untuk menghilangkan rasa gerah atau panas akibat terik matahari yaitu dengan minum air dingin (air es). Dengan minum air dingin dapat membuat rasa segar ditubuh, tapi perlu anda ketahui apabila minum air dingin secara terus menerus maka akan berdampak pada kesehatan anda. 

Minum Air Dingin

Seperti yang telah dilansir dalam halaman The Health Site, Minum air es dapat menyebabkan kesehatan anda terganggu, ada beberapa alasan mengapa anda harus berhenti minum air dingin atau minum air es. Silahkan simak penjelasan berikut ini :

1. Dapat Mengganggu pencernaan

Ketika seseorang minum air dingin atau minum air es maka pembuluh darah anda akan mengerut, apabila ini terjadi maka akan menghambat dan memperlambat proses pencernaan makanan. Makanan yang anda makan tidak dicerna dengan baik sehingga nutrisi yang ada dalam makanan tidak sepenuhnya diserap tubuh.

2. Dapat Menghilangkan Nutrisi

Suhu tubuh kita dapat dikatakan normal yaitu 37 derajat celcius. Ketika anda minum sesuai dengan suhu yang lebih rendah (lebih dingin) maka tubuh akan mengeluarkan energi untuk mengatur suhu menjadi normal.  Energi yang seharusnya digunakan untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi maka efeknya akan membuat tubuh anda kekurangan nutrisi.

3. Berisiko terkena sakit tenggorokan

Ketika seseorang minum air es atau air dingin maka akan sering mengalami batuk. Hal ini terjadi karena adanya penumpukan mukosa atau lapisan pelindung saluran pernapasan. Saluran penapasan lebih rentan terkena infeksi ketika seseorang banyak mengkonsumsi air dingin.

4. Menurunkan detak jantung

Jantung merupakan center atau pusat peredaran darah keseluruh tubuh, apabila jantung mengalami gangguan kesehatan maka kerja seluruh organ dalam tubuh menjadi terganggu. Salah satu hal yang dapat mengganggu kesehatan jantung adalah terlalu sering minum air es atau air dingin.

Karena, apabila seseorang mengkonsumsi air es atau air dingin maka detak jantung akan menurun. Karena berdasarkan study menunjukan bahwa minum air es dapat merangsang saraf vagus. Saraf vagus mempengaruhi penurunan detak jantung.

Saraf vagus adalah saraf kranial ke-10, yang berperan penting pada sistem saraf otonom tubuh untuk mengendalikan tindakan tubuh secara responsif.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga dapat memberikan pencerahaan kepada anda untuk membatasi diri , mengurangi dalam mengkonsumsi air es atau air dingin atau bila perlu berhenti untuk tidak meminumnya. Seperti yang dijelaskan diatas, gangguan kesehatan akan mengancam anda.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar