Setelah Aktif dari Tunggakan Apakah Rawat Jalan Tidak Kena Denda?

Rawat Jalan di rumah sakit

Terdapat peraturan bahwa jika peserta telat membayar iuran atau menunggak maka status bpjs kesehatannya akan di nonaktifkan. Untuk mengaktifkannya kembali maka peserta yang bersangkutan harus melunasi tunggakan tersebut, dalam waktu 1×24 jam maka status bpjs akan di aktifkan kembali.

Saat ini denda keterlambatan sudah tidak berlaku, hanya saja terdapat perubahan peraturan mengenai sanksi yang diberikan kepada peserta. Selain status di nonaktifkan, ada sanksi lain yang akan di kenakan kepada peserta BPJS yang menunggak, apa itu?

Yaitu sebuah sanksi dimana ketika peserta menunggak telah melunasi tunggakannya dan status telah aktif maka ketika peserta yang bersangkutan berobat dan menjalani rawat inap di faskes 1 atau rumah sakit maka peserta akan dikenakan biaya 2,5 persen dari biaya rawat inap tersebut dan maksimal Rp30 juta.

Kami berikan contoh :

Jika anda peserta bpjs kelas 2, menunggakan selama 3 bulan dan anda baru saja melunasi tunggakan dan status bpjs aktif, sebelum 45 sejak dari pelunasan kok anda menjalani rawat inap maka anda akan dikenakan biaya. Apabila biaya rawat inap anda sebesar Rp20 juta maka anda akan bayar 2,5% dari biaya tersebut. ( 2,5 persen x Rp20 juta x 3 (sesuai tunggakan) ) maka hasilnya Rp1.500.000.

Setelah Aktif dari Tunggakan Apakah Rawat Jalan Tidak Kena Denda? , Ketentuan denda tersebut berlaku ketika anda menjalani rawat inap sebelum 45 hari sejak kartu bpjs anda diaktifkan dari tunggakan. Sedangkan jika untuk berobat biasa atau rawat jalan (tanpa menginap) maka tidak dikenakan denda apapun. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga dapat membantu dan menjawab pertanyaan anda. Pastikan kartu bpjs anda tetap aktif dan tidak telat membayar iuran, apabila sewaktu-waktu anda sakit dan butuh di rawat maka anda akan terbebas dari denda rawat inap bagi peserta terlambat bayar iuran.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar